Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bagus Pagar Panel Beton atau Pagar Batako ?

 
Lebkur - Pagar panel beton vs pagar batako mana yang paling ideal? Kedua material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan sebagai gambaran untuk anda kami coba ulas secara rinci, bagusmana pasang pagar panel atau pagar batako?

Memasang pagar dengan panel vs batako adalah hal yang biasa dilakukan. Biasanya sering kita temui di sekeliling kita ada rumah yang dipagari pakai panel dan ada juga pakai batako. Agar kita satu pemahaman, mari kita kupas kedua kelebihan dan Kekurangan kedua material ini.

Kelebihan Pagar Panel
Contoh penggunaan pagar panel
Saat membuat pagar pembatas rumah / lahan pagar panel paling efektif dibanding batako karena dari segi efesiensi waktu lebih cepat pengerjaan nya dibanding pagar batako.

Memang sebelum ada panel precast tentu material yang sering digunakan untuk membuat pagar halaman rumah / usaha adalah batako. Jika diakumulasikan biaya dan waktu dan kerapihan serta ketahanan maka panel lebih unggul dibandingkan pagar batako. Hanya saja pagar panel memiliki kelemahan yakni tidak bisa dimodifikasi seperti pagar batako.

Kelebihan Pagar Batako
Contoh pagar batako (foto aparumah.com)
Kelebihan utama batako dibanding pagar panel ialah bisa sesuka hati memodifikasi pagar karena bisa dibuat profil atau  berongga pada bagian tengah nya. Selain itu pagar batako sepintas memang lebih murah sedikit dibanding pagar panel.

Namun disatu sisi, pagar batako sering mengalami jebol dan miring karena beban material sangat berat dan tidak sekuat pagar panel. jika batako diadu dengan panel tentu akan kalah jauh karena faktor efisiensi waktu. Jika anda menginginkan ketepatan waktu maka material pagar panel lebih bagus dibanding batako.

Selain itu pemilihan material batako untuk pagar sebenarnya lebih mahal jika berbicara waktu. Contoh misalnya kita mau buat pagar keliling halaman / lahan 100 m pasti yang paling cepat pakai panel.

Kalau area yang akan dibuat pagar luas maka disarankan pakai material panel beton. Keuntungan lain nya adalah material panel beton bisa dibongkar dan dipasang kembali, artinya material tidak hilang.