Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Jualan Online Vs Bisnis Online

Ilustra bisnis online (foto koinworks.com)
Banyak yang belum tau tentang perbedaan keduanya, dan bahkan banyak yang menganggap keduanya sama namun sebenarnya berbeda. Mari kita simak perbedaan keduanya agar tidak salah pengertian tentang hal tersebut.

Hal yang paling mendasar yang membedakan keduanya adalah system. Dimana jualan online adalah menjual atau memasarkan suatu produk atau barang melalui jalur online. Sedangkan bisnis online adalah membangun system dimana anda tidak perlu terlibat ke dalam system tersebut, namun bisnis anda tetap berjalan, omzet anda tetap masuk dan pelanggan anda tetap terlayani walaupun anda tidak terlibat di dalamnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa penjual online setiap harinya adalah berdagang dan berdagang sedangkan pembisnis online focus pada pembangunan system dan bagaimana caranya system tersebut berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Perbedaan lain atas keduanya adalah pedagang online bekerja sendiri sedangkan bisnis online bekerja dalam tim. Banyak kita melihat bahwa penjual onlie terkadang hanya stagnan dengan profit yang tetap atau segitu-giti saja tanpa ada perkembangan yang berarti. Namun berbeda hal dengan bisnis online yang terus berkembang karena dikerjakan dalam tim yang memiliki tugas masing-masing.

Perbedaan selanjutnya adalah dimana penjual online hanya mengejar untung dan rugi. Sedangkan bisnis online tidak hanya mengejar untung namun juga memberikan manfaat bagi orang lain, karena jika bisnis berkembang dan menjadi besar maka akan memberikan peluang kerja bagi orang lain.