Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kelebihan dan Kekurangan Menjalankan Usaha dari Rumah

Banyak sekali sekarang jenis usaha, jika sebelumnya kita mengetahui bahwa usaha itu banyak dijalankan di ruko ataupun di mall, maka sekarang sudah banyak juga usaha yang dijalankan di rumah.

Mungkin pada awalnya membuka usaha di rumah karena hanya memilki modal sedikit dan tidak mempu untuk menyewa tempat sehingga terlintas untuk membuat usaha di rumah.

Saat ini usaha bisa dikembangkan dari rumah tanpa sewa lahan atau ruko, kita bisa lihat sudah banyak masyarakat memanfaatkan rumah untuk berbisnis, baik yang memiliki modal lebih ataupun yang memiliki modal pas-pasan.

Menjamurnya usaha di rumah ini tentu dirasa lebih efektif karena pemiliknya sendiri yang menjalankannya, dan tentunya usaha di rumah ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang sibuk mengurus rumah dan kekuarga namun tetap ingin memiliki usaha.
 

Menjalankan sebuah usaha memang ada resikonya, seperti barang tidak laku karena sudah banyak yang menjalankan usaha sejenis. Selain resiko tentunya anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kelebihan dan kekurangan usaha di rumah agar anda lebih mengetahui seperti apa prospek kedepannya usaha yang kan anda jalankan tersebut.

KELEBIHAN USAHA DARI RUMAH

Pertama adalah dapat meminimalkan biaya, biasanya orang yang akan membuka sebuah usaha pasti berfikir untuk menyewa tempat dan tentunya akan menambah biaya. Namun bagi anda yang akan melakukan usaha di rumah tidak perlu memikirkan tambahan biaya untuk sewa temoat atau ruko, karena anda dapat memanfaatkan teras rumah atau ruangan lainnya yang dapat mendukung penjualan anda.

Biaya lainnya yang dapat anda hemat adalah biaya ttansporrtasi dan biaya makan karena anda tidak perlu bolak balik ke tempat usaha dan tidak perlu membeli makanan di luar karena sudah tersedia di rumah.

Kedua adalah menghemat tenaga, karena memang usahanya di rumah maka anda tidak perlu melakukan mobilitas untuk pergi ke tempat usaha. Anda hanya perlu di rumah dan menerima setiap orderan. Hal ini juga dapat menghemat waktu anda sehingga anda dapat melakukan hal lainnya di rumah seperti bermain bersama anak atau memasak untuk keluarga.

Ketiga adalah dapat memperkejakan anggota kelurga sendiri. Karena usahanya di rumah tentu anggota keluarga juga dapat membntu anda untuk melayani konsumen baik secara online maupun offline. Bayangkan jika usaha anda jauh maka orang terdekat andapun berfikir ulang untuk membantu anda karena kemungkinan mereka juga memilki pekerjaan di rumah.

Keempat adalah pelayanan 24 jam, anda dapat melayani konsumen selama anda berada di rumah. Jadi tidak ada waktu operasional tertentu untuk konsumen selagi anda ready untum melayani mereka. Hal ini tentu sangat disukai oleh pembeli karena tidak perlu buru-buru untuk berbelanja karena takut tokonya akan segera tutup.

KEKURANGAN MENJALANKAN USAHA DI RUMAH

Kekurangan yang pertama adalah tentunya ruang ruamah anda akan semakin sempit karena penuh dengan barang dagangan anda. Disarankan meskipun anda menjalankan usaha di rumah lebih baik anda membuat ruangan khusus untuk barang anda seperti garasi agr rumah nda lebih rapih dan nyaman untuk ditinggali.

Kedua adalah anda kurang bersosialisasi jika anda bekerja di kantor atau memiliki usaha di sebuah mall maka anda akan memiliki rekan kerja dan sosialisa sesama penjual. Sedangkan jika usaha anda di rumah anda hanya melakukan soasilisasi kepada pembeli. Artinya gerak sosial anda lebih terbatas.




Ketiga adalah waktu istirahat lebih sedikit karena anda melayani konsumen selama anda di rumah, arti waktu anda u tuk berjualan lebih panjang, mungkin karena anda befikir semakin panjng waktu buka nya maka anda akan semakin banyak konsumen dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.