Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kelebihan dan Kekurangan Usaha Kontrakan / Kosan

Sudah memiliki ancang-ancang untuk memulai usaha kontrakan rumah? Yap,, usaha ini memang sangat besar peluangnya karena pangsa pasarnya sudah jelas, sehingga anda tida perlu khawatir jika kontrakan anda nanti tidak akan laku.

Banyak orang yang ingin memulai bisnis properti ini, tetapi lagi-lagi yang menjadi kendala adalah dana karena bisnis ini memang membutuhkan modal yang cukup besar.
 

Nah, sebelum anda benar-benar memulai bisnis properti yang satu ini, lebih baik anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Usaha Kos-kosan

1. Kebutuhan Tinggi

Pertambahan penduduk di suatu daerah biasanya karena adanya migrasi masuk, sehingga pada daerah tertentu akan sangat padat.

Apalagi daerah tersebut merupakan daerah pusat industri, pendidikan dan perkantoran. Maka sudah dipastikan akan menjadi tujuan utama para pendatang.

Jadi jika anda membangun bisnis kontrakan di di dekat pusat industri, pendidikan, perkantoran dan mall maka sudah dipastikan permintaan pasar akan tinggi. Dan anda tidak akan rugi meskipun mengucurkan dana yang besar.

2. Masa Sewa Lebih Panjang

Berbeda dengan kos-kosan, umumnya kontrakan akan ada minimal waktunya sehingga anda tidak pernah khawatir kalau kontrakan tersebut tidak akan laku.

Anda bisa mematok minimal selama 5 tahun, sehingga akan menjadi jaminan bagi anda untuk mendapatkan hasil yang cukup lama. Namun jika kontrakan tersebut berada di daerah kampus, maka hal ini tidak cocok untuk diterapkan.

3. Tidak Perlu Sering Menagih Sewa

Karena sistemnya tahunan maka anda tidak perlu repot-repot menagih uang sewanya. Biasanya untuk kontrakan rumah minimal 5 tahun maka pembayarannya akan dilakukan di awal atau paling tidak dua kali pembayaran.

4. Harga Sewa Akan Semakin Meningkat

Inilah keuntungan properti, sekali bangun maka akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Semakin lama harga sewa rumah kontrakan akan semakin meningkat. Jadi semakin bertambah tahun keuntungan anda akan semakin besar.

Lalu jika anda tidak ingin lagi menjalankan bisnis kontrakan ini, anda bisa menjualnya dengan harga yang tinggi. Intinya semakin lama akan semakin untung.

5. Tidak Ada Perawatan Yang Rutin

Karena rumah tersebut sudah di sewa dalam jangka waktu yang panjang, maka anda tidak perlu melakukan perawatan karena segala kerusakan akan ditanggung oleh penghuni selama rumah tersebut mereka sewa.

Ketika ada yang akan menyewa rumah, hal yang penting anda lakukan adalah membuat surat perjanjian yang menerangkan hak dan kewajiban dari kedua belah pihak yaitu penyewa dan pemberi sewa.

Kekurangan Usaha Kos-kosan

1. Harus Selektif

Karena rumah akan disewakan dalam jangka waktu yang panjang, maka anda harus selektif memilih calon penyewa agar rumah tetap terawat dan tidak mengalami kerusakan.

Untuk mengetahui apakah orang tersebut cocok untuk tinggal di kontrakan anda maka anda bisa melakukan wawancara kecil untuk mengulik seperti apa orang tersebut.

2. Dana yang Cukup Besar

Dana yang cukup besar tidak hanya pada saat pembangunan saja, tetapi untuk perawatan rumah ketika akan di sewakan kembali.

Jika anda biarkan apa adanya maka akan mengurangi minat konsumen sehingga pada akhirnya anda susah mencari penyewa. Jadi lakukan perbaikan jika ada kerusakan atau cat ulang rumah tersebut akan terlihat fresh.

3. Tidak Ada Biaya Tambahan

Berbeda dengan kos-kosan yang mana pemiliknya bisa menaikan harga sewa setiap tahunnya.

Maka hal tersebut tidak bisa dilakukan untuk rumah kontrakan karena uang sewa sudah di bayar di awal dan dalam jangka waktu yang lama. Jadi jika ingin menaikan harga sewa, dapat anda lakukan untuk penghuni selanjutnya