Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman di Bank

Lebkur.com - Semakin banyaknya kebutuhan manusia maka akan membuat seseorang untuk mencari cara atau memutar otak untuk mendapatkan uang dengan jumlah yang diinginkan dan dalam jangka waktu yang cepat. Salah satu cara yang ditempuh seseorang ketika mempunyai kebutuhan yang mendadak adalah dengan melakukan pinjaman ke bank.

Sekarang banyak sekali bank yang memfasilitasi seseorang untuk melakukan pinjaman, namun dengan syarat dan ketentuan masing-masing bank. Namun bagi anda yang sudah berencana untuk melakukan pinjaman ke bank manapun, anda harus mengetahui terlebihdahulu apa keuntungan dan kerugian yang didapatkan ketika melakukan pinjaman ke bank. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Pinjaman di Bank

- Mendapatkan Uang Dengan Mudah Dan Cepat

Selagi anda memenuhi syarat yang diberikan oleh bank, maka ketika anda mengajukan permohonan untuk melakukan pinjama maka sagat mudah dan tidak butuh waktu lama bagi bank untuk mengeluarkan uang yang anda ajukan. Tentunya uang yang anda ajukan juga menjadi pertimbangan bagi bank, jadi tidak semua jumlah yang anda inginkan dapat dipenuhi oleh bank.

- Adanya Bunga Yang Jelas

Ketika anda sudah menyetujui untuk melakukan pinjaman ke bank, maka dari pihak bank akan memberikan bunga yang telah disepakati bersama dan anda harus membayar bunga sesuai yang sudah disepakati tersebut, jadi pihak bank bersifat transparan.

- Persyaratan Cukup Mudah

Setiap bank yang akan memberikan dana kepada pihak peminjam, tentunya bank memiliki persyaratan yang khusus seperti KTP, KK, NPWP, buku tabungan, rekening linstrik dan lain sebagainya. Syarat-syarat ini tentunya mudah untuk dipenuhi karena anda sudah memilikinya.

- Pembayaran pinjaman bisa diprediksi. Pembayaran pinjaman tidak tergantung pada fluktuasi bisnis.

Kekurangan Pinjaman di Bank

-Pembayaran Harus Tepat Waktu

Waktu penyetoran atau pelunasan cicilan harus tepat waktu dan tidak ada tambahan waktu yang diberikan oleh bank. Jadi ketika anda tidak bisa membayar atau melunasi cicilan maka anda harus menanggung resikonya.

-pelunasan kredit akan menimbulkan inflasi

-Adanya Paksaan

Ketika anda tidak mampu membayar atau melunasi hutang d ibank maka resiko yang akan anda tanggung adalah berupa paksaan agar anda bisa membayar pinjaman tersebut. cara yang dilakukan bisa saja akan membuat anda bangkrut. Untuk melunasi utang, pihak pemberi pinjaman dapat menyita rumah dan kepemilikan pemilik perusahaan tunggal atau mitra dalam hubungan kerjasama tersebut. (Foto okezone)