Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Panel Lantai AAC

Contoh pemasangan panel lantai AAC ( foto indotrading)
Saat ini masyarakat sudah mulai melirik penggunaan panel lantai untuk bangunan rumah atau kantor karena dibilang sangat efisien dalam waktu dan kerapihan. Namun disatu sisi kita perlu tahu apa saja Kelebihan dan kekurangan panel lantai ini? Panel lantai AAC adalah beton ringan yang dibentuk menjadi lembaran panel untuk berbagai aplikasi konstruksi pemikul beban dan non-pemikul beban.

Panel lantai ringan ini dibuat dari pasir, semen, bahan daur ulang, kapur, gipsum, pasta aluminium dan agen aerasi. Ini dibentuk, dipotong dan tekanan uap disempurnakan dalam autoclave sebelum dikemas, siap untuk diangkut.

Panel lantai AAC memberikan lebih banyak manfaat dari beton tradisional seperti kekuatan, akustik, tahan api, ketahanan terhadap hama dan pemasangan lebih cepat, menghemat waktu konstruksi yang berharga. Material lantai ini memiliki kombinasi unik dari massa termal dan isolasi menyediakan lingkungan hidup yang lebih nyaman.

Panel Lantai AAC (Autoclaved Aerated Concrete) juga dikenal sebagai beton ACC (Autoclaved Cellular Concrete), atau disebut ALC (Autoclaved Lightweight Concrete). Istilah lain dari panel lantai AAC, beton ringan diautoklaf, beton selular, beton berpori atau beton ringan pracetak.

Bahan dasar dan sistem produksi panel lantai AAC

Tidak seperti kebanyakan aplikasi beton lainnya, panel lantai AAC diproduksi tidak menggunakan agregat lebih besar dari pasir. pasir kuarsa, gypsum dikalsinasi, kapur (mineral) dan / atau semen dan air yang digunakan sebagai agen pengikat.

Kelebihan Panel Lantai AAC

Panel lantai AAC sangat cocok untuk daerah perkotaan dengan gedung-gedung tinggi termasuk dalam variasi suhu tinggi. Karena kepadatan yang lebih rendah, bangunan tinggi dibangun menggunakan panel lantai AAC membutuhkan lebih sedikit baja dan beton untuk struktural bangunan.

Bisa digunakan hampir di mana saja beton berat normal digunakan, termasuk balok beton, komponen pracetak, lantai, dinding, dan finishing eksterior. Cocok untuk diaplikasikan non-struktural, termasuk meja, curbs, talang, balkon, dan geladak.

Panel lantai juga Tahan lama, tahan terhadap unsur-unsur hama atau jamur, dan bisa memberikan solusi hemat biaya untuk banyak aplikasi arsitektural.

Kelemahan Panel Lantai AAC

Resiko mudah Ambruk jika konstruksi dasar tidak kuat, makanya sangat disarankan untuk memperhatikan struktur utama bangunan. Kelemahan lain nya adalah masalah budget. Harga terbilang Mahal, khususnya bagi pemilik rumah pribadi jika ingin menggunakan panel lantai dirumah bertingkat nya.