Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Perbedaan Nabi dan Rasul secara umum

Perbedaan Nabi dan Rasul seringkali membuat kita bingung. Jika sudah baca ini pasti akan tahu jawaban mengenai perbedaan Nabi dan Rasul. Apa tugas nabi dan apa sebenarnya tugas seorang rasul? Sejatinya seorang muslim dituntut untuk memahami antara perbedaan nabi dan rasul tersebut.

Sebagai perbedaan nya adalah Tidak semua nabi itu rasul, Namun jika ia seorang rasul sudah pasti ia nabi.

Tak bisa kita pungkiri, Nabi dan Rasul adalah suri tauladan umat Islam yang semua perilakunya patut dicontoh oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berkat kehadiran mereka kita selaku ummat manusia menjadi lebih baik dalam berkehidupan.

Agar kita lebih paham mengenai perbedaan Nabi dan Rasul, berikut penjelasan mengenai perbedaan Nabi dan Rasul yang perlu kita diketahui agar tidak salah dalam mengimaninya.
  • Perbedaan Jumlah Nabi dan Rasul
Sebagai seorang muslim wajib mengimani bahwa jumlah Nabi menurut beberapa kitab jumlahnya sangat banyak yaitu kurang lebih 124.000 Sedangkan jumlah Rasul adalah 312.
  • Perbedaan Tujuan Menerima Wahyu
Nabi menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dari Allah SWT untuk disampaikan kepada umatnya. Itulah perbedaan mengenai tujuan Nabi dan rasul dalam menerima wahyu.
  • Perbedaan Pengutusan
Perbedaan nya adalah Nabi diutus kepada kaum yang sudah beriman, sedangkan Rasul diutus kepada kaum yang belum beriman (kafir). Maka nya setiap Rasul datang sudah pasti ia akan mendapatkan tugas mengajak ummatnya untuk beriman.
  • Perbedaan Turunnya Wahyu
Perbedaan Nabi dan Rasul berdasarkan cara turunnya wahyu. Wahyu turun kepada seorang Nabi hanya melalui mimpi, sedangkan turun nya wahyu kepada seorang Rasul juga melalui mimpi, Malaikat serta dapat melihat dan berkomunikasi secara langsung dengan malaikat.

Dari keseluruhan rasul yang ada di muka bumi, nabi Muhamad SAW lah yang mendapatkan gelar Rasulullah yang artinya seorang nabi dan rasul yang memiliki kewajiban atau di perintahkan oleh Allah SWT meliputi seluruh umat di seluruh alam. Beliau pun adalah Nabi sekaligus Rasul penutup akhir zaman.

Artinya tidak ada lagi nabi selain beliau, maka kita jangan sampai terpengaruh jika ada yang mengaku dirinya seorang nabi, karena sudah jelas apa yang sudah di sampaikan bahwa tidak aka nada lagi nabi apalagi Rasul setelah Baginda Rasulullah Muhammad SAW.

Referensi:
Apa perbedaan antara nabi dan rasul?
Apa yang dimaksud dengan nabi dan rasul?
Berapa banyak nabi dan rasul?
Apa saja tugas para nabi dan rasul?
Jelaskan perbedaan nabi dan rasul
perbedaan nabi dan rasul beserta jumlahnya
perbedaan nabi dan rasul terletak pada
Jelaskan pengertian iman kepada rasul dan jelaskan juga perbedaan nabi dan rasul