Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kelebihan dan Kekurangan Usaha Depot Air minum isi ulang Galon

Usaha depot air minum memiliki prospek yang menggiurkan namun di satu sisi harus mengetahui cara atau strategi yang baik karena diawal membuka usaha depot ada jeda waktu untuk digunakan sebaik mungkin mencari pelanggan baru.

Usaha depot air minum isi ulang galon saat ini semakin banyak tetapi pelanggan juga semakin banyak seiring pesatnya kepadatan penduduk maka air minum galon paling dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Keunggulan dan Kelemahan Usaha Depot Air

Dari sudut bisnis, kita harus mampu menyiasati banyak orang membutuhkan air minum, tetapi banyak pula orang yang akan buka depot air minum isi ulang. Jika anda tertarik membuka usaha depot air minum galon sebaiknya perhatikan dahulu keunggulan dan kelemahan bisnis ini.

1. Kebutuhan Wajib semua Orang

Setiap rumah tangga pasti perlu air minum, semua golongan baik anak-anak hingga lansia butuh minum. Ini salah satu kelebihan usaha depot air minum. Artinya pangsa pasar nya luas.

2. Omset Harian

Ingat, usaha depot air minum adalah bisnis recehan tetapi jika omset 1 hari saja bisa menjadi banyak dan hitungan nya harian. Harga galon air saat ini rata rata Rp 5000. Jika 1 hari laku 50 galon berarti omset kita Rp 250.000 per hari. Sedangkan umumnya depot air yang sudah ramai bisa menjual sebanyak 150 sampai 250 galon perhari.

3. Pelanggan Mudah pindah

Salah satu kelemahan usaha depot air adalah Pelanggan bisa pindah dikarenakan kualitas air yang buruk, misal proses air tidak sampai matang maka rasa air akan berbeda dan sedikit gatal. Sudah pasti ini mengecewakan pelanggan. Biasa nya disebabkan oleh karyawan kita lupa waktu, karena setiap prosesan air minum ada waktu yang tidak boleh diabaikan.

4. Susah Mencari Karyawan Antar

Kelemahan usaha depot selanjutnya adalah masalah karyawan antar (Pengedar) Biasanya ada bagi hasil untuk tukang antar itu Rp 1.000 per galon. Namun terkadang karyawan masih ngeluh karena harus mencuci galon, mengisi sendiri, serta menaikkan ke kendaraan.

5. Jika tidak Bersih, Usaha Macet

Usaha depot air minum wajib menjaga kebersihan, baik alat depot, ruang depot dan kebersihan galon pelanggan yang diantar. Jika karyawan kita antar air maka siapkan Lap kanebo yang bagus. Jangan lupa selalu membersihkan bagian luar galon sebelum menyerahkan ke pelanggan. Ini salah satu penunjang pelanggan baru mempercayai kualitas usaha depot kita.

6. Modal Usaha Depot Terjangkau

Untuk membuka usaha depot air minum isi ulang galon tidak membutuhkan modal yang banyak, banyak paket depot bisa dibeli baru mulai Rp 10juta sudah bisa punya usaha ini. Kita hanya menyiapkan ruangan berukuran 3 x 4m saja sudah cukup.