Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Sewa Rumah Tahunan atau Bulanan? Perhatikan Pertimbangan Ini

Semakin lama harga kebutuhan akan semakin meningkat, termasuk harga sewa dari sebuah rumah yang menjadi pilihan bagi mereka yang datang dari jauh atau merantau. Selain itu karena jarak rumah ke lokasi kerja cukup jauh.

Yang paling banyak menyewa sebuah rumah adalah mereka yang sudah berkeluarga, alasan utamanya karena belum mampu membeli atau membangun rumah, sehingga mengontrak adalah pilihan.
 

Meskipun sudah memiliki niat untuk mengontrak, tetapi masih banyak yang bingung dalam menentukan waktunya apakah bulanan atau tahunan. Berikut adalah informasi yang bisa menjadi acuan anda agar tidak bingung lagi.

1. Dari Sisi Harga

Biasanya pemilik akan memberikan harga yang berbeda antara mengontrak bulanan dengan tahunan. Perbedaan keduanya cukup signifikan, namun jika anda memang belum memiliki dana banyak maka sewa bulanan merupakan pilihan.

Coba kita ilustrasikan antara sewa bulanan dengan tahunan. Misalkan seperti ini, ketika anda sewa tahunan akan diberikan harga Rp. 25. 000.000, sedangkan jika bulanan anda akan membayar biaya sebesar Rp 1000.000 dan jika dikalikan setahun maka totalnya menjadi Rp 30.000.000. Jadi lebih untung mana?

2 . Dari Segi Waktu

Jika anda memiliki mobilitas yang tinggi atau pekerjaannya berpindah-pindah, maka lebih baik anda menyewa bulanan saja. Karena jika tahunan maka anda akan rugi karena anda tetap bayar tetapi tidak anda tempati.

Bagi anda yang sudah terlanjur mengambil dan membayar sewa tahunan, dan anda baru tahu bahwa anda harus pindah kerja, maka lebih baik kontrakan tersebut anda over ke orang lain. Dan orang tersebut nantinya membayar sewa ke anda meskipun harga yang ditawarkan lebih murah agar cepat mendapatkan pengganti.

3. Peningkatan Harga Sewa

Jika anda memang menetap di suatu daerah, maka memang lebih baik anda mengambil sewa tahunan dan tidak perlu berpindah-pindah kontrakan di lokasi yang sama.

Kebiasaan berpindah-pindah kontrakan tetapi pekerjaan tidak pindah tentu akan merugikan anda sendiri karena harga sewa rumah setiap tahun akan semakin meningkat dan bahkan akan mengalami kenaikan hingga 15% tergantung pada lokasi.

Tetapi jika anda adalah penghuni lama biasanya pemilik kontrakan memberikan keringanan dengan tidak menaikan biaya kontrakan. Hal ini tentu akan meringankan anda bukan.