Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Biaya perawatan motor matic vs manual

Jika dahulu, motor hanya berjenis manual atau motor bebek sekarang sudah sedikit dan didominasi oleh motor transmisi matic atau otomatis sebagai cara pengoperasian nya.

Bahkan, mungkin sekarang masyarakat cenderung lebih memilih menggunakan motor matic daripada manual.

Kelebihan dari motor matic pun tak lupa menjadi pertimbangan masyarakat lebih sering menggunakan motor matic.
Perbandingan Biaya Perawatan

Motor Matic memiliki biaya perawatan lebih besar. Selain itu, jika terjadi kerusakan akan sulit untuk dideteksi.

Sedangkan Motor manual atau bebek lebih murah dan perawatan simpel. Begitu juga Soal ketahanan pasca perbaikan motor manual tetap okeh dan tangguh

Perbandingan Harga

Seperti halnya mobil, harga untuk motor matic cenderung lebih mahal daripada manual. Karena kinerja mesin matic lebih berat daripada motor manual. hal itu menjadikan motor matic lebih mahal daripada manual.

Perbandingan Efisiensi

Dalam pemakaian motor matic, cenderung lebih mudah daripada motor manual. Untuk menggunakan motor matic, kita hanya perlu melakukan beberapa tahap atau step saja. Yaitu hanya tinggal menekan tombol starter lalu menarik tuas gas pada stang motor.

Lain lagi dengan motor manual, untuk menggunakan motor kita harus memastikan bahwa gigi atau operan dalam keadaan netral sebelum melakukan stater. Hal itu dilakukan karena mesin motor tidak akan hidup kalo misal tidak dalam keadaan netral.

Ketika berkendara pun, mesin motor manual harus melakukan perpindahan gigi dengan menekan atau menarik tuas menggunakan kaki yang letaknya berada di samping pedal motor.

Untuk motor manual juga terdiri dari 2 jenis yaitu ada motor kopling dan tidak. Untuk kopling biasanya ada pada motor gede seperti motor cross, motor sejenis vixion, cbr, ninja, dan sebagainya. Dan untuk motor manual tanpa kopling, sering disebut dengan motor bebek.

Perbedaan Konsumsi Bahan bakar

Perbedaan konsumsi bahan bakar antara motor matic dan manual tidak terlalu signifikan. Apalagi kalau motor matic menggunakan oli yang sesuai maka akan lebih mengurangi tingkat keborosan bahan bakar.

Dalam pemilihan motor, apabila melihat efisien pasti lebih menguntungkan motor matic. Secara dalam penggunaannya motor matic tidak ribet dan cenderung mudah. Apalagi untuk para pemula atau yang ingin belajar mengendarai motor, tentu motor matic lah dijadikan pilihan.

Untuk pengemudi yang kurang mumpuni dalam mengendarai motor manual, pasti akan merasa kagok dalam keadaan tertentu.

Contohnya ketika kita berkendara di jalanan yang menanjak dan harus oper gigi, pengemudi yang masih awam akan merasa kagok dan takutnya malah mesin motor mati di tengah-tengah. Jadi untuk mengendarai motor manual harus memiliki kemampuan yang mumpuni