Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERBANDINGAN biaya konstruksi baja dan beton

Seperti apakah perbandingan biaya konstruksi baja dan beton? Apakah biaya bangunan konstruksi beton lebih mahal dibandingkan dengan konstruksi baja, atau sebaliknya biaya konstruksi beton lebih murah dibanding baja? Selain itu dari segi keunggulan apakah biaya konstruksi mempengaruhi keunggulan? Mari kita ulas..


Hakikatnya kedua bahan bangunan ini bagus semua, hanya saja konstruksi baja dan beton sering diaplikasikan pada bangunan tertentu, contohnya konstruksi baja umumnya diterapkan pada Gudang, Pabrik, Gedung, Hotel atau Mall. Penggunaan baja pada konstruksi tersebut sangat cocok karena bentangan bangunan luas sehingga cepat dalam pengerjaan.


Sedangkan untuk bangunan rumah atau ruko umumnya memakai konstruksi beton. Penggunaan beton bukan tanpa sebab, karena biasanya area yang dibangun sedikit sempit sehingga jika dipakai material baja akan menyulitkan. Bukan berarti membangun rumah tidak boleh pakai konstruksi baja, boleh saja dan itu bagus asal tata letak pengerjaan mendukung.

Lalu seperti apa Perbandingan biaya konstruksi baja dan beton itu sendiri? Untuk membandingkan biaya kita mesti memahami dari berbagai sisi. Setidaknya ada tiga acuan sebagai pembanding antara kontruksi baja dan beton, berikut ulasannya.
1. Perbandingan Biaya Baja dan Beton

Konstruksi beton lebih mahal karena pengerjaan lebih lama, otomatis biaya tenaga kerja meningkat. Kalau bangunan luas tentu memakan waktu yang sangat lama. Kemudian Biaya material pendukung pembuat beton harganya relative mahal. dibandingkan Baja jauh lebih murah karena Pengerjaan lebih singkat serta Bahan material relative lebih murah.

2. Perbandingan Fleksibilitas Baja dan Beton

Konstruksi beton sangat mudah karena dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kita, contohnya pembuatan rumah ruko. Begitu juga dengan konstruksi Baja, yang relatif mudah dibentuk khususnya untuk pembangunan ruang besar, namun jika untuk bangunan kecil kurang bagus.

3. Perbandingan Ketahanan Baja dan Beton

Beton memilki daya tahan terhadap gaya tekan, namun lemah terhadap gaya geser dan tarik, itu sebabnya harus dimbangi dengan tulangan yang biasa disebut "beton bertulang". sedangkan konstruksi Baja relative sempurna, karena mampu menahan tiga gaya tersebut (tekan, geser dan tarik ).

Dari perbandingan diatas, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan konstruksi baja kurang bagus karena biaya akan lebih mahal jika untuk rumah tinggal kurang efisien. Sedangkan untuk bangunan konstruksi gedung, sangat disarankan ke pada pembuatan gudang, dengan bentang2 yang panjang, karena ruangan relative luas sehingga pengerjaan jauh lebih cepat juga.....