Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kekurangan dan Kelebihan Usaha Hijab yang harus Anda Ketahui sebelum Terlanjur Buka

Usaha hijab merupakan salah satu usaha di bidang fashion. Di era modern ini banyak sekali orang yang terjun ke dunia bisnis dalam bidang fashion.

Setiap usaha yang dijalankan oleh seseorang pasti tidak melulu tentang kelebihannya, dibalik banyaknya kelebihan sebuah usaha pasti banyak juga kekurangannya.

Pada artikel ini saya akan bercerita tentang pengalaman dalam berbisnis hijab. Yang akan dibahas kali ini adalah tentang kekurangan dan kelebihan usaha hijab.

Kekurangan Usaha Hijab
1. Modal Cukup Besar

Banyak yang mengatakan bisnis hijab tidak membutuhkan modal yang besar , akan tetapi pada kenyataannya kita memang harus memiliki modal yang cukup besar.

Hal ini dikarekan untuk berjualan hijab kita harus menyediakan berbagai jenis model agar para calon konsumen memiliki banyak pilihan, belum lagi tidak hanya modal untuk membeli jilbabnya tetapi juga kita butuh uang untuk membeli penunjang lainnya seperti rak, hanger, patung, dll.

Akan tetapi jangan khawatir ya, meski tidak pegang modal yang cukup besar tetap bisa kok kalau mau berjualan hijab, caranya belanja sedikit dulu per model hijabnya. Nanti lama-lama insyaAllah berkembang

2. Trend Cepat Berubah

Meskipun hijab tidak basi akan tetapi trend atau model hijab cepat sekali mengalami perubahan, biasanya trend bisa berubah hanya dalam hitungan bulan sehingga jangan biarkan barang mengendap terlalu lama. Kita harus punya strategi untuk membuat hijab cepat laku dan kita bisa ganti trend hijab yang baru untuk dijual

3. Persaingan yang Ketat

Banyaknya orang yang ingin terjun ke dunia bisnis fashion terutama hijab membuat persaingan perdagangan semakin ketat. Dalam hal ini kita harus putar otak untuk membuat produk kita diminati banyak orang. Pokoknya harus pintar-pintar atur strategi guys

Kelebihan Usaha Hijab

Sedangkan Kelebihan dalam usaha atau berbisnis hijab diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Banyak Peminat

Bagi para wanita, hijab bukanlah barang mewah melainkan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi. Hal ini dikarenakan hijab merupakan salah satu media untuk menutup aurat bagi seorang muslimah yang dalam hal ini wanita muslimah memang wajib untuk melakukannya.

Apalagi jika dibandingkan dengan harga pakaian, hijab memiliki harga yang lebih murah sehingga tidak jarang para wanita ketika membeli hijab selalu lebih dari 1 pcs dikarenakan mereka membeli hijab biasanya untuk menyesuaikan baju yang mereka miliki sehingga apabila kita membuka usaha hijab pasti akan banyak peminatnya.

2. Produk Tidak Mudah Basi

Banyak pebisnis yang memilih untuk berbisnis hijab dikarenakan produknya tidak mudah basi seperti berjualan makanan, jadi sangat meminimalisir kerugian. Ibaratnya produk yang tidak laku hari ini masih bisa dijual besok, lusa, minggu depan, atau bahkan bulan depan. Lebih aman kan guys hehehe

3. Sebagai Penyaluran hobi

Banyak sekali orang yang terjun ke dunia bisnis dikarenakan hobi , mereka sering membahasakannya adalah hobi yang dibayar.

Apalagi seseorang tersebut memang memiliki bakat dalam bidang designer jadi tidak ada salahnya apabila kita membuat design hijab sendiri lalu produksi sendiri untuk dijual dan pastinya menghasilkan pundi-pundi rupiah

4. Tidak membutuhkan toko Offline

Bagi sebagian orang yang akan terjun ke dunia bisnis tentunya pertimbangan pertamanya adalah modal. Modal dapat berupa uang dan juga tempat berjualan.

Akan tetapi dalam bisnis hijab ini tidak selalu membutuhkan tempat atau toko offline karena kita bisa memanfaatkan teknologi saja dengan berjualan secara online, caranya gampang kita tinggal foto produk, pasarkan lewat media sosial, lalu bisa kita kirim kepada calon pembeli. Jadi tidak perlu pusing memikirkan toko offline

5. Mudah Di distribusikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi bahwa hijab tidak akan basi , dan hijab juga tidak mudah rusak maka dengan banyaknya ekspedisi yang tersedia saat ini maka hijab mudah didistribusikan ke daerah-daerah para konsumen kita di seluruh penjuru negeri.

Nah cukup sekian ya penjelasan tentang Kekurangan dan Kelebihan usaha hijab. Semoga bermanfaat ya . Ingat ! Jangan pernah takut untuk mencoba. Kalau kita tidak mau mencoba kita tidak pernah tau gagalnya dimana. Semangat ya guys !