Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Jual Buah-Buahan

Di era modern seperti ini dan pentingnya akan gaya hidup sehat membuat orang mulai banyak mengonsumsi buah-buahan. Dengan makan buah-buahan ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang.

Selain itu, buah-buahan juga terbukti menjadi obat alami untuk mengatasi masalah manusia seperti buah pepaya, buah naga, jeruk untuk mengatasi susah buang air besar. Di samping itu, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga agar tampil sehat orang-orang dianjurkan makan buah secara teratur.

Memang tidak dapat dipungkiri, Indonesia adalah negara tropis yang mempunyai kekayaan alam tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah kekayaan alam berupa buah-buahan dapat tumbuh subur di tanah air.

Hal ini dapat menjadi prospek yang bagus bagi yang ingin membuka usaha buah-buahan. Jadi, para pelaku bisnis tidak akan bingung atau merasa kesulitan dalam pasokan buah-buahan.
Selain itu, usaha buah-buahan termasuk jenis usaha yang tidak sulit dijalankan. Mereka dapat membuka usaha jualan buah-buahan di pinggir jalan dengan menggunakan lapak atau di mobil pick up.

Lalu, hanya dengan modal yang minim seseorang juga mampu membuka usaha buah-buahan yang lengkap. Meskipun mungkin di beberapa tempat ada yang sulit menemukan kios buah dan ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan.

A. Kekurangan Dalam Usaha Jualan Buah-buahan

Berikut ini adalah beberapa kendala dalam membuka usaha jualan buah-buahan:

1. Persaingan yang ketat

Kendala dalam usaha buah-buahan yang pertama adalah persaingan yang ketat. Ini terlihat dari banyaknya gerai kios buah dalam satu area. Bahkan jarak antara satu kios toko buah yang satu dan yang lainnya jaraknya berdekatan.

Namun, hal ini justru membuat para konsumen lebih bebas memilih kios buah segara mana yang ingin didatanginya. Jadi, persaingan yang ketat ini akan lebih memotivasi para pelaku bisnis usaha buah-buahan.

2. Buah-buahan tidak awet

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa buah-buahan adalah barang kuliner yang kurang tahan lama. Kemudian, buah gampang berubah menjadi busuk apabila tidak laku terjual dalam waktu lama.

Oleh karena itu, perlu memastikan buah segar yang dijual dalam waktu cepat. Sehingga, para pelaku usaha harus memutar otak dan mencari cara agar buah yang dijual bisa awet dan tahan lama.

3. Cuaca tak mendukung

Saat musim panen para petani mungkin menghasilkan buah dengan kualitas yang tidak melulu bagus.

Seperti misalnya buah yang dipanen terkena hama penyakit. Ini dapat menyebabkan pasokan buah-buahan menjadi berkurang. Kemudian, beberapa petani buah-buahan juga sering mengalami gagal panen akibat cuaca yang tak mendukung.

B. Kelebihan Dalam Usaha Jualan Buah-buahan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dalam membuka usaha jualan buah-buahan:

1. Modal yang kecil

Dalam memulai usaha buah-buahan tidak perlu modal yang besar, cukup dengan modal kecil saja. Kita bisa membuka usaha buah-buahan dengan cara mangkal di pinggir jalan, usaha buah potong segar, membuka kios buah-buahan atau menjadi pedagang buah keliling.

Agar kita mendapatkan pasokan buah-buahan dengan harga yang murah bisa langsung dari petaninya. Setelah itu, kita bisa menjual buahnya langsung ke tangan konsumen.

2. Profit yang besar

Hanya dengan berjualan buah-buahan seperti pepaya misalnya di pinggir jalan seorang pedagang dapat meraup omset hingga 80 juta. Ini menunjukkan bahwa bisnis buah-buahan dapat memberikan keuntungan yang besar.

Maka tak heran banyak pemula yang tertarik ingin membuka usaha buah-buahan. Meskipun persaingannya cukup ketat, namun masih menjanjikan pangsa pasar yang luas.

3. Buah Menjadi Kebutuhan Pokok

Tidak dapat dipungkiri bahwa buah-buahan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia saat ini. Biasanya buah-buahan dikonsumsi sebagai cuci mulut setelah makan besar.

Orang yang makan buah-buahan akan selalu terjaga kesehatan tubuhnya. Pasalnya dalam buah-buahan ini mengandung banyak vitamin mineral dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.