Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kelebihan dan Kekurangan Usaha Rental Kendaraan

Sudah banyak yang menjalankan usaha rental kendaraan, dan yang paling banyak jenis kendaraan yang sering disewakan adalah mobil dan motor. Meskipun usaha jasa ini terlihat simpel, tetapi nyatanya tidak semudah yang orang pikirkan, apalagi bagi pemula.

Banyak orang yang menganggap bahwa usaha rental adalah usaha orang pemalas dan belum memahami tentang berbagai peluang usaha. Dikatakan usaha orang pemalas adalah karena tinggal menunggu konsumen datang untuk sewa dan langsung menerima uang dari sewa kendaraan tersebut.

Usaha jasa rental kendaraan ini biasanya banyak di daerah wisata, hal ini karena sudah pasti banyak peminatnya, apalagi bagi mereka yang datang dari luar daerah dan datang menggunakan kendaraan umum sehingga membutuhkan sewa kendaraan baik motor maupun mobil agar dapat mengelilingi tempat yang dikunjungi.
 

Berminat untuk membuka usaha rental? Sebelum menjalankannya anda harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan usaha rental ini agar anda tidak menyesal dikemudian hari.

KELEBIHAN USAHA RENTAL KENDARAAN

1. Mudah dijalankan

Mudah dijalankan karena tidak perlu memiliki skill khusus untuk bisa menjalankan usaha ini. Hanya perlu bisa baca, tulis dan hitung anda langsung bisa menjalankan usaha ini, tetapi meskipun demikian harus ada perencanaan yang tepat agar usaha jasa anda bisa berkembang.

2. Biaya Operasional Sedikit

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya operasional ketika menjalankan usaha ini, anda hanya perlu melakukan perawatan seperti membersihkan kendaraan ketika terkena debu agar terlihat bersih. Sedangkan ketika kendaraan yang anda sewakan mengalami kerusakan, maka yang akan menanggung perbaikan adalah konsumen yang menyewa. Intinya kendaraan yang dikembalikan sudah seperti kondisi ketika dipinjam.

3. Tidak Perlu Karyawan

Menjalankan usaha rental kendaraan ini anda sebenarnya tidak membutuhkan karyawan, apalagi sistemnya sewa lepas. Artinya anda tidak menyediakan jasa sopir atau lainnya untuk memfasilitasi konsumen.

4. Pangsa Pasar Pasti

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa usaha rental ini sangat besar peluangnya apalagi jika dibuka di daerah wisata yang mayoritas wisatawan nya datang dari luar yang tidak membawa kendaraan pribadi, jadi ketika wisatawan ingin mengelilingi wisata dengan puas maka mereka harus sewa kendaraan.

KEKURANGAN USAHA RENTAL KENDARAAN

1. Modal Awal Besar

Modal awal memang besar ketika anda sifatnya membeli barang yang akan disewakan, namun sebenarnya anda bisa menjalin kerjasama dengan orang yang tidak menggunakan kendaraan nya sehingga bisa disewakan. Jadi jika seperti itu anda hanya penyedia jasa saja, untuk hasilnya bisa anda bagi sesuai dengan kesepakatan.

2. Resiko Kehilangan Tinggi

Sudah banyak terjadi mengenai rental kendaraan yang raib di bawa kabur. Nah, agar tidak terjadi kepada anda, maka ketika ada yang ingin rental motor anda hanya perlu jaminan KTP, sedangkan jika yang disewa itu mobil yang memiliki harga tinggi dan resiko lebih tinggi dari motor maka anda bisa meminta jaminan lainnya seperti sertifikat atau barang berharga yang dimiliki konsumen.

3. Tingkat Persaingan Ketat

Hal ini terjadi karena sistem usahanya mudah untuk dijalankan sehingga banyak orang yang berminat untuk menjalankan usaha ini. Persaingan sangat ketat yang bisa kita lihat adalah dilingkungan wisata yang memang usaha utamanya adalah sewa menyewa kendaraan.

4. Harga Jual Kendaraan Rendah

Ketika anda ingin mengurangi jumlah armada, maka jalan satu-satunya adalah menjual mobil/motor yang biasa anda sewakan. Namun konsekuensinya jika anda jual maka harganya akan signifikan turun. Mengapa hal tersebut terjadi? Karena banyak orang yang berfikir bahwa kendaraan bekas rental sudah sering dipakai sehingga tinggal rusaknya saja.