Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kelebihan dan Kekurangan Pagar Panel Beton / pagar precast

Kelebihan dan kekurangan pagar panel beton
Apa saja kelebihan dan kekurangan pagar panel beton?. Pagar panel beton atau bahasa daerahnya biasa di sebut panel precast dengan bentuk lembaran beton yang sudah dicetak sesuai cetakan dan mutu tertentu dengan memasukkan tulangan besi yang sudah di las baik pada tianb kolom maupun pada panel nya.

Biasanya pagar panel beton precast dipasang untuk tapal batas pada lahan seperti asset tanah, kebun, pekarangan, perusahan, kampus dan kantor instansi/ lembaga dan pemerintahan. bahkan hingga saat ini banyak juga yang menggunakan precast untuk pagar rumah.

Pagar panel beton miliki kelebihan tersendiri yaitu bisa dibongkar dan dipasang kembali. Artinya setiap pemasangan pagar panel beton ini sewaktu waktu bisa dipindah (bongkar) dan dipasang kembali untuk keperluan tertentu, misalnya Lahan yang dipagar mau dibangun, ada kegiatan atau lahan tambah luas ya tinggal dipindah saja.

Jika anda memutuskan untuk membuat tapal batas lahan dengan pagar panel beton sebaiknya anda cermati dulu bagaimana kelebihan dan Kekurangan nya? Jangan sampai tidak mengerti tentang material ini. Agar lebih jelas nya kami akan kupas tuntas apa kelebihan dan apa kekurangan pagar beton Precast ini? Berikut penjelasannya.
Kelebihan Pagar Panel Beton
  1. Kokoh, Kuat dan Tahan Lama, karena setiap material panel dan tiang itu dicetak dengan memasukkan besi di dalamnya. Untuk jangka panjang tahan terhadap perubahan cuaca, dan dapat bertahan lama (puluhan tahun)
  2. Mudah Dipindah, Ini poin penting seperti yang telah kami jelaskan diatas pagar panel bisa dibongkar pasang sehingga tidak membutuhkan biaya lagi untuk pasang baru Artinya material tidak hancur jika dibongkar.
  3. Pengerjaan Cepat, Biasanya pemasangan pagar panel di tanah datar 1 hari bisa mencapai 80 meter lari. Maka nya untuk lahan luas, material pagar panel precast ini paling diminati.
  4. Lebih Efisien, Selain pengerjaan cepat tentu efisien waktu alias gk pake lama. Bayangkan kalau pake pagar bata? lamaa bossss.
  5. Biaya Murah, Karena biasanya pembelian material terima terpasang. Artinya sebagai pembeli kita tidak perlu mencari tukang lagi karena sudah 1 paket yakni terima beres terpasang.
  6. Rapi dan Elegan, Permukaan halus dan datar dengan susunan yang tepat membuat pagar panel terlihat rapi dan tidak miring-miring (kecuali tukang nya asal asalan)
Kelemahan Pagar Panel beton / Precest
  • Tidak bisa dimodifikasi seperti pagar dinding bata.
  • Hanya tersedia di pusat kota dan untuk daerah masih jarang yang produksi.
  • Harga cepat berubah mengikuti perkembangan material lain.
  • Pengerjaan tidak bisa dilakukan jika akses kendaraan truk tidak bisa masuk. Jika akses mobilisasi jauh tentu waktu akan bertambah karena harus di langsir manual terlebih dahulu.
  • Jika pemasangan dilakukan oleh tukang asal - asalan biasanya mudah miring dan jebol. Jadi harus pilih yang berpengalaman karena percuma harga murah jika kualitas juga asal asalan.
  • Susah mencari material yang terpercaya mutu nya, karena seiring waktu banyak orang membuka pabrik precast sehingga mutu material terkadang tidak diperhatikan karena banting harga.
  • Harga murah kualitas dikurangi. Ini biasa nya menimpa konsumen baru yang sering nawar dibawah harga, tetapi tidak tahu bahwa material yang dipasang tidak ada mutu dan sengaja oleh pabrik mengurangi mutu nya. Ya nama nya minta harga murah.
Nah demikian ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan pagar panel beton. Oh ya sebagai gambaran untuk harga pagar panel beton terpasang mulai dari Rp 145.000 hingga Rp 255.000 per meter persegi (m²) dan ini tergantung di kota mana anda tinggal. Sedangkan untuk harga terpasang luar kota biasanya harga nego sendiri. Pesan kami selektiflah mencari produk dan perhatikan Mutu nya.