Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Rumah 1 Lantai Vs 2 Lantai yang Jarang Diketahui

Lebkur.com - Rumah 1 lantai vs 2 Lantai apa kelebihan dan kekurangan nya? Keuntungan dengan memiliki rumah 2 lantai adalah Anda seakan memiliki satu lantai khusus untuk Anda dan keluarga kecil Anda, tapi sesekali di ruangan publik seperti ruang makan Anda bisa bersosialisasi dengan keluarga besar Anda. Bedanya dengan rumah 1 lantai adalah, biasanya ruang privatnya hanya kamar tidur saja jadi ruangan yang Anda punya untuk khusus keluarga Anda saja sangat kecil dan terbatas.

Ketika membangun rumah, ada kalanya pemilik merasa bimbang, cukup membangun rumah 1 lantai atau perlu membuat rumah dengan 2 lantai? Tentunya dalam mengambil keputusan ini perlu dipertimbangkan baik-baik dan seksama. Lihat kelebihan dan kekurangan masing-masing dulu lalu tentukan yang mana yang paling tepat untuk Anda!

  • Kebutuhan Ruang

Lihat kembali kebutuhan ruangan Anda dan keluarga. Jika keluarga Anda termasuk keluarga besar dan Anda berencana tinggal dengan orang tua atau adik kakak Anda, pertimbangkan kembali luas total yang dibutuhkan dengan luas tanah yang Anda miliki. Perhitungkan dengan cermat luas setiap ruangan agar nyaman digunakan seluruh anggota keluarga. Jika masih memungkinkan untuk menggunakan 1 lantai maka tak masalah, jika Anda merasa 1 lantai saja tak cukup memenuhi kebutuhan ruangan Anda, coba pertimbangkan untuk membuat 2 lantai atau bahkan 3 lantai.

  • Budget

Budget tentu saja menjadi salah satu perhatian khusus yang tak boleh dianggap enteng. Membangun rumah 2 lantai pasti membutuhkan dana yang lebih besar daripada membangun rumah 1 lantai. Sebelum membangun rumah sebaiknya Anda memiliki Rencana Anggaran Biaya secara rinci berapa saja biaya yang dibutuhkan mulai dari membangun sampai rumah berdiri. Persiapkan anggaran Anda dengan cermat!

  •  Ruang Privat dan Publik

Jika Anda tinggal bersama dengan keluarga lain, contohnya keluarga Anda (suami istri dan anak) dan keluarga orang tua pada satu rumah, sebaiknya Anda memiliki area yang benar-benar milik Anda (privat). Dan hal ini bisa dicapai dengan membagi rumah menjadi area publik dan privat. Area dapur, ruang keluarga, ruang makan sebagai ruangan publik, dan kamar tidur sebagai ruang privat.

Jika Anda memiliki rumah 2 lantai, maka rumah bisa dibagi menjadi 2 seakan lantai 1 menjadi rumah orang tua Anda dan lantai 2 seakan menjadi rumah Anda.

  • Desain Arsitektur Rumah

Desain arsitektur rumah 2 lantai biasanya tampil lebih ‘wah’ dibandingkan rumah satu lantai. Karena di Indonesia biasanya terdapat pagar tinggi yang menghalangi pemandangan dari luar, sehingga kebanyakan orang dengan rumah 1 lantai tak terlalu peduli dengan desain arsitektur rumahnya karena toh tak terlihat tertutup pagar.

Jika Anda ingin tampilan arsitektur yang ‘wah’ dengan 1 lantai, bisa saja, tapi rumah 2 lantai memiliki kelebihan tampilannya lebih menarik. Kenapa? Karena dengan 2 lantai terdapat lebih banyak variasi desain arsitektur yang lebih bisa ditampilkan dan ditonjolkan.

Setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rumah, yang mana yang paling ideal untuk Anda dan keluarga?