Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kelebihan dan Kekurangan iPhone dibanding Andorid Lain nya

Lebkur - Apa kelebihan iphone dan Apa saja kekurangan nya? Jika anda ingin membeli Hp iPhone harus mengetahui kelebihan dan kekurangan nya. Tujuan nya agar anda tidak salah kaprah tentang gadget ini. iPhone memang sangat mendunia, smartphone unggulan di era teknologi masa kini. Smartphone yang diciptakan oleh Steve Jobs ini menjadi smartphone paling eksklusif dan belum tertandingi.

iPhone yang memiliki arti “I” sebagai kata internet, individual, instruct, inform dan inspire memiliki beragam fitur canggih yang sangat istimewa untuk penggunanya. Berbeda dengan Android yang memiliki berbagai macam perubahan disetiap tipenya, namun iPhone selalu bertahan pada ciri khas yang telah tersemat pada dirinya.

Ayo kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone yang membuatnya menjadi produk unggulan.

Kelebihan Hp iPhone

1. Memiliki Siri

Siri merupakan fitur ciri khas dari iPhone. Siri diciptakan untuk mempermudah para pengguna iPhone dalam situasi apapun. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan siri. Kita dapat memerintahkan penulisan pesan, memerintahkan mengangkat telpon, memerintahkan mencari informasi tertentu, bahkan memerintahkan siri untuk membacakan pesan yang masuk.

2. Memiliki Proteksi Lebih pada Kasus Kehilangan

Untuk segi keamanan iPhone menjadi juaranya. Dengan menggunakan Apple ID yang dimiliki, kamu dapat memproteksi iPhone kamu dari jarak jauh sekalipun. Hal inilah yang akan mempermudah pemilik iPhone dalam menemukan smartphonenya yang hilang. Hanya dengan login melalui website dengan Apple ID maka kamu bisa memantau posisi iPhone yang kamu miliki disaat hilang. Bahkan bukan hanya untuk mendeteksi lokasi namun kamu juga dapat mengontrol iPhone kamu dalam jarak jauh. Meskipun Android juga memiliki device manager, namun tingkat proteksinya masih jauh dibawah iPhone.

3. Elegan
Khususnya di Indonesia sendiri, produk iPhone masihlah menjadi barang yang terkesan mahal dan tidak sembarang orang bisa memilikinya. Melalui desain yang apik dan fiturnya yang berbeda dari smartphone lainnya membuat pemiliknya memiliki derajat lebih tinggi dibanding pemakai Android. Terlebih iPhone terkesan menjadi barang yang limited karena produksi tiap tipe barunya hanya keluar setahun sekali, berbeda dengan Android yang telah menjamur dan kemungkinan keluarnya produk-produk baru disetiap waktu.

4. Pelayanan Customer Service Lebih Baik dan Cepat

iPhone juga menjadi smartphone terbaik dalam segi pelayanan kerusakan atau masalah yang terjadi pada iPhone. iPhone service akan selalu siap siaga menangani dan memberi solusi terbaik dari setiap masalah yang terjadi pada iPhone yang kamu miliki. Tentunya pelayanannya pun lebih cepat, tak salah bila iPhone menjadi produk yang terbilang eksklusif karena pelayanannya pun sangat mengutamakan customer. Mereka sangat tau dengan kebutuhan dan keinginan customer dalam penyelesaian masalah.

5. Harga Jual Bekas yang Stabil

Bila dibandingkan dengan Android, tentu harga jual iPhone bekas lebih stabil dibandingkan dengan harga jual Android bekas. Hal ini kembali lagi ke latar belakang iPhone sebagai smartphone yang elegan dan eksklusif dalam setiap tipe yang diproduksi. Maka harga jual iPhone bekas pun lebih stabil dan tidak menurun sangat jauh dari harga aslinya.

Penurunan harga setiap tahunnya pun terkesan sangat minim jika dibandingkan dengan Android yang dalam kurun waktu pemakaian satu tahun saja bisa mengalami penurunan harga hingga seperempat sampai setengah dari harga aslinya. Sangat menguntungkan bagi kamu yang suka bergonta-ganti smartphone.

6. Lebih Tahan Banting
Sudah teruji bahwa iPhone merupakan smartphone yang tahan dalam berbagai gangguan dan memiliki jangka waktu yang lama untuk pemakaiannya dibandingkan Android. Pasalnya akan sangat jarang terjadi kerusakan-kerusakan pada iPhone bila dibandingkan dengan Android yang rentan dalam masalah kerusakan fisik. Seperti touchscreen, retak layar, drop baterai dan lain sebagainya.

7. Aksesoris Dijual Lengkap

Salah satu hal yang menjadi keuntungan memiliki iPhone adalah kelengkapan aksesorisnya yang dapat kamu temukan dengan mudah dimanapun meski iPhone kamu merupakan tipe terbaru sekalipun. Kamu tidak akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan kamu untuk membeli aksesoris seperti headset, casing, charger, protektor layar dan lain sebagainya yang sesuai dengan tipe iPhone kamu. Karena pasar teknologi sangat mengutamakan penyediaan aksesoris untuk iPhone.

8. Selalu Bisa Update OS

iPhone yang memakai operasi sistem iOS telah berkomitmen untuk berlaku adil pada semua pemilik iPhone, baik iPhone tipe terdahulu maupun tipe terbaru. Bagi pemilik iPhone dapat melakukan update pada setiap OS terbaru yang diluncurkan oleh Apple. Hal inilah yang tidak bisa didapatkan oleh pengguna Android.

9. Aplikasi yang Tersedia Lebih Terseleksi

Jika Android memiliki Google Play Store maka iPhone memiliki App Store dalam penyediaan berbagai macam aplikasi. Meski memang dari segi keberagaman aplikasi sangat lebih sedikit dibandingkan yang tersedia pada Google Play Store, namun hal ini dikarenakan App Store sangat menyeleksi berbagai aplikasi yang akan ia sediakan pada App Store.

Hanya aplikasi-aplikasi terpercaya dan berkualitaslah yang akan dipilih oleh App Store. Bahkan terkadang ada beberapa aplikasi yang dapat juga diinstall pada Android namun memiliki fitur yang berbeda dengan yang dapat diinstall pada iPhone. Sehingga iPhone memiliki kesan mutakhir dalam aplikasi yang dapat disematkannya bila dibandingkan dengan Android.

Terlebih lagi ada berbagai aplikasi canggih yang hanya bisa diinstall pada iPhone dan tidak terdapat pada Google Play Store. Itulah mengapa iPhone menjadi smartphone yang eksklusif karena ia memiliki standart yang tinggi bahkan untuk aplikasi yang tersedia sekalipun.

10. Desain Lebih Berkelas

Berbagai produk smartphone Android selalu berlomba-lomba untuk memiliki keunikan dan menciptakan desain-desain baru disetiap peluncurannya. Ini sangat jauh berbeda dari iPhone yang selalu konsisten dengan desain produknya. Meski nengeluarkan tipe baru setiap tahunnya, namun iPhone selalu mempertahankan ciri khas desainnya yang sederhana. Namun kekonsistenannya ini yang justru membuatnya semakin elegan. Desain tersebut sudah melekat dan menjadi jati diri yang tidak akan lepas pada iPhone.

Kemanapun kamu membawanya, maka setiap orang akan tau bahwa yang kamu miliki adalah iPhone. Sangat berbeda bila kamu memakai Android yang diproduksi oleh berbagai merk dan memiliki desain yang berbeda. Akan sangat sulit untuk mengetahui apa tipe smartphone kamu jika hanya dilihat dari segi fisiknya saja. Desain iPhone yang berkelas ini masih terus bertahan dengan terbuktinya masih banyak produk smartphone lain yang berusaha membuat desain yang mirip dengan iPhone sebagai acuannya.

11. Touch ID Sistem Proteksi Sidik Jari Terbaik

Saat ini, teknologi yang semakin berkembang telah memungkinkan kita membuat proteksi pada smartphone dengan menggunakan sidik jari. Ini menjadi sistem proteksi yang tercanggih pada saat ini. Dalam tingkat proteksi, Touch ID masih menjadi yang terbaik pada sistem proteksi berbasis sidik jari. Hal ini membuat iPhone berani untuk meluncurkan fitur terbarunya yaitu Apple Pay yang merupakan fitur pembayaran berbasis teknologi hanya dengan melalui iPhone.

12. Apple Pay

Melalui Apple Pay, iPhone mempermudah pemiliknya untuk melakukan pembayaran belanja hanya dengan melalui smartphone.
Kita hanya perlu mendaftarkan kartu kredit atau debit yang kita miliki kedalam Apple Pay maka kita sudah bisa bertransaksi hanya dengan membawa iPhone tanpa perlu repot menggunakan kartu kredit maupun debit card.

Tak perlu takut dengan keamanan keuanganmu, karena Apple Pay juga menyematkan sistem proteksi sidik jari dalam segala transaksinya. Sehingga akan minim kemungkinan fitur ini akan disalahgunakan oleh orang lain selain pemilik iPhone tersebut.

13. Family Sharing

Fitur terbaru lainnya dari iPhone adalah Family Sharing. Melalui fitur ini, kamu bisa berbagi berbagai macam aplikasi, buku, video dan lainnya dengan keluargamu yang tentunya juga sama-sama memakai iPhone. Hal ini sangat mempermudah aktivitas dalam keluarga yang saat ini sangat minim waktu bersama dan memiliki tingkat aktivitas melalui smartphone yang tinggi.

14. HomeKit

HomeKit yaitu fitur yang memungkinkan kita mengontrol alat elektronik rumah hanya dengan melalui iPhone. Meski belum resmi diluncurkan, namun teknologi ini akan menjadi unggulan dimasa depan. Terbukti dengan telah merebaknya alat-alat teknologi yang berbasis smart electronic. Melalui fitur ini, kelak kita dapat mengontrol keadaan rumah hanya dalam satu genggaman iPhone saja.

16. Lebih Aman dari Ancaman Malware

Telah kita ketahui bahwa tidak sembarang aplikasi dapat tersedia pada App Store. Hal inilah yang menjamin pengguna iPhone menjadi lebih aman dari serangan malware yang sangat mudah merebak dalam akses internet tak terkecuali dari penyematan aplikasi.

Kekurangan Hp iPhone

1. Tampilan Tidak Bisa Variasi

Jika Android memiliki berbagai macam variasi tampilan homescreen disetiap versinya. Ini sangat berbeda jauh dengan iPhone yang memiliki kesan monoton. Hal itu karena iPhone memang tidak hanya mempertahankan tampilan desain luarnya, namun juga tampilan softwarenya.

Bagi sebagian orang yang memang tidak begitu suka berganti-ganti tampilan mungkin akan merasa senang dengan kebijakan iPhone tersebut. Tetapi bagi kamu yang lebih suka mengganti-ganti variasi tampilan tentunya akan menjadi cepat bosan dengan memakai iPhone meski berganti tipe terbaru sekalipun tampilannya akan tetap sama.

2. Harganya Mahal

Bukan menjadi rahasia jika iPhone merupakan brand yang mahal bagi sebagian besar masyarakat. Bagi kalangan menengah kebawah tentunya akan sangat berat untuk mengimbangi harga iPhone di pasaran terlebih lagi dengan harganya yang sangat stabil dan sangat sulit untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya meski membeli iPhone bekas sekalipun. Karena fitur yang diberikan iPhone memang eksklusif dan elegan, tentulah akan sebanding dengan harganya yang mahal.

3. Aplikasi Tidak Sebanyak Android

Untuk kalian yang suka bereksplorasi dengan berbagai macam aplikasi di smartphone, mungkin kalian harus berfikir dua kali untuk membeli iPhone. Karena App Store sangatlah membatasi dan menyeleksi aplikasi-aplikasi yang disediakan. Hal ini pastinya akan berdampak pada kamu.yang memakai iPhone. Tak jarang aplikasi yang mungkin kamu butuhkan justru tidak bisa kamu install karena tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan App Store. Maka pikirkanlah baik-baik sebelum kamu memutuskan pilihan.

4. Email yang Permanen

Jika kamu memiliki akun email yang sangat penting dalam keberlangsungan aktivitasmu, akan tidak disarankan untuk mengaktifkannya di iPhone. Kamu harus berfikir dua kali jika memang ingin memakainya sebagai akun email utama pada iPhone. Pasalnya dibeberapa kasus membuktikan bahwa email yang sudah tersemat pada iPhone tidak akan bisa diganti. Jadi jika kelak kamu menjual iPhonemu, email yang kamu miliki tetap berada pada iPhone. Sangat berbahaya bagi kamu yang banyak melakukan aktivitas penting melalui email tersebut. Maka berhati-hatilah.

Itulah kelebihan dan kekurangan iPhone, serta beberapa kekurangannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk memberi referensi bagi kalian yang sedang berniat membeli iPhone