Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Grass Block di Banding Paving Block untuk Carport

Lebkur.com - Grass block atau biasa disebut paving rumput memiliki keunggulan tersendiri dibanding paving block terutama pada penggunaan untuk carport atau taman halaman rumah. Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan grass block agar tidak salah faham maka kita perlu mengetahui kedua produk ini.

Grass Block dan Paving Block

Grass Block memang berbahan dasar sama dengan paving block karena komposisi material semen pasir dan split sama. Hanya saja berbeda cetakan. Kalau pada grass block bentuk nya ada lubang bisa lubang 8 lubang 5 atau lubang 3. Ditengah masyarakat, Grass block akrab disebut Paving rumput karena kalau dipasang pada halaman atau carport bisa tumbuh rumbut pada bagian lubang nya.

Sedangkan Paving Block tidak berongga dan hampir semua orang mengetahui material ini. Bebebrapa jenis paving yang umunya populer adalah paving block berbentuk segi enam, persegi lanjang (bata) dan berbentuk cacing.
Gambar paving block carport
Perlu diketahui grass block dan paving block saat ini dicetak menggunakan mesin press sehingga produksi bisa banyak dalam 1 hari jika dibanding proses manual. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan Grass block dibanding paving block jika diaplikasikan pada carport atau garasi rumah? Kedua nya mempunyai plus minus masing - masing namun secara sekilas tentu lebih bagus pakai Grass Block. Berikut penjelasan nya.
  1. Grass block pada carport lebih kuat dibanding paving block karena anti retak yang dipengaruhi oleh rongga (lubang)  yang dipadatkan dengan tanah. Apalgi jika sudah ditanami rumput.
  2. Lahan atau Carport tidak mudah tergerus atau tergenang karena mudah menyerap air tanpa merusak material yang sudah terpasang.
  3. Kalau paving block dipasang di Carport kurang cocok karena dalam periode tertentu jika lapisan tanah tidak padat akan mengakibatkan paving mudah pecah karena struktur paving block dan grass block jauh berbeda. Kecuali jika Carport anda berada didalam rumah maka tak masalah pakai Paving Block. Oun sebaliknya kalau Carport anda berada diluar (outdoor) Grass block paling cocok.
  4. Jika area caraport halaman rumah anda luas dipasang Grass block lebih Aman apalagi saat sudah terpasang segera ditanami rumput, Fungsi nya merekatkan material grass block ke tanah agar tahan lama.
  5. Kekurangan grass block pada carport yang paling sering terjadi adalah Mudah jebol alias patah terutama jika pengolahan lahan (pemadatan) kurang merata. Namun dari segi kekurangan ini tetap Grass block lebih baik dibanding Paving Block.
Nah itulah sekilas tentang penggunaa grass block pada carport. Saran kami jangan ragu memakai Grass Block. Seandai nya memaksakan diri pakai Paving block ya tak masalah karena itu pilihan. Tapi ingat kalau carport pakai paving block terkadang membuat licin dan ini tentu berbahaya apalagi kondisi permukaan agak miring.