Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persamaan dan Perbedaan Kanker Dengan Tumor

Lebkur.com - Banyak yang berfikir bahwa kanker sama dengan tumor. Namun setelah anda membaca artikel ini saya harap anda sudah dapat membedakan perbedaan antara kanker dengan tumor. Lalu banyak pertanyaan apakah tumor dapat menyebabkan kanker? Atau sebaliknya. Dan apakah keduanya meruapakan jenis penyakit yang sama? Tumor dan kanker memang mirip namun berbeda, tidak semua kanker adalah tumor dan tumor tidak semuanya kanker.

Pada dasarnya tumor adalah pertumbuhan sel yang tidak normal pada bagian tubuh tertentu dan tumor terjadi jika sel-sel tubuh membelah dan tumbuh secara berlebihan.  Tumor dibagi menjadi dua, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah tumor yang tidak menyebar dan tidak mengalami pertumbuhan, sedangkan tumor ganas adalah tumor yang menyebar dibagian tubuh lainnya, jenis tumor ini disebut juga kanker.

Nah, jadi mulai paham kan? Tumor itu beda apa sama? Ya, tumor yang ganas adalah hal yang sama, yaitu pertumbuhan sel yang tidak normal dan menyebar kebagian tubuh lainnya. Berikut penjelasan perbedaan antara keduanya.

Perbedaan keduanya yang paling  umum adalah bahwa kanker mengalami pertumbuhan yang tidak terkontrol dan bisa cepat menyebar karena sel-sel yang tidak terkontrol itu tadi. Misalnya kanker awal berada pada paru-paru, namun dapat saja kanker ini menjalar ke tulang-tulang atau ke otak yang dapat menyebabkan kematian. Sedangkan tumor merupakan kanker yang jinak dan jika di operasi atau diangkat tidak akan tumbuh, namun sebaliknya kanker akan tumbuh kembali jika tidak benar-benar hilang.

Kesimpulannya adalah bahwa kanker dan tumor itu sama-sama pertumbuhan sel yang tidak normal, dimana sel yang tidak menyebar dan tidak bertumbuh disebut tumor, dan sel yang menyebar dan mengalami pertumbuhan disebut kanker. (foto deherba.com)