Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERBANDINGAN BIAYA BATA MERAH dan BATA RINGAN HEBEL

Bagaimana perbandingan biaya bata merah dengan bata ringan? Kita sama tahu bahwa penggunaan bata merah dalam dunia bangunan sudah melegenda terutama dalam pembuatan dinding tembok rumah. Sedangkan penggunaan bata ringan mungkin bagi sebagian orang masih dibilang material baru.

Bata ringan atau hebel dari segi ukuran tentu berbeda dengan bata merah, dimana bata ringan lebih besar dan lebih panjang dibandingkan dengan bata merah. Perbandingan ukuran saja bata ringan isi 1 meter persegi hanya 9 buah. Sedangkan isi 1 meter persegi bata merah adalah 66 buah.

Lalu seperti apa perbandingan biaya antara keduanya? Bata merah vs bata ringan tentu beda mengenai biaya, mungkin selisih nya tidak terlalu jauh. Sebagai pembanding, kami mencoba mengulas secara detail perbedaan biaya dan perbandingan kekuatan kedua material dinding ini.

Bata Merah dan Bata Ringan
Sebelum membahas perbandingan biaya kita ulas dulu perbandingan jumlah (Isi) dalam 1m² untuk bata merah dan Isi 1m² untuk hebel bata ringan. Kita asumsikan dinding yang akan kita bangun adalah 10 m², berikut perbandingan nya.

Perbandingan Jumlah:
Bata merah dinding luas 10 m² memerlukan ± 660 buah
Bata ringan dinding 10 m2 memerlukan 1m³ = ±82 buah.

Jadi sekala perbandingan jumlah saja memang terlampau jauh, jika seorang tukang membangun dinding sudah pasti yang cepat selesai adalah pemasangan bata ringan. Dari perbandingan jumlah diatas kalau kita asumsikan berarti terpasang saja 9 biji sudah 1m2 jadi dinding. Kalau pemasangan bata merah maka terpasang dulu 66 buah bata merah baru dapat 1m2.

Perbandingan Biaya Bata Merah vs Bata Ringan

Biaya batar merah 660 x Rp 500 = Rp 330.000
Biaya bata ringan 1m³ x 700rb = Rp 700.000

Nah dari segi biaya, perbandingan nya memang jauh lebih mahal bata ringan dibandingkan bata merah. Tetapi perbedaan nya juga ada, berikut penjelasan nya.

Perbedaan efisiensi Bata Merah vs Bata Ringan

Dalam proses pemasangan bata merah vs bata ringan dalam sekala dinding luas 10 m2 sudah kita ketahui biaya nya. Sekarang perhatikan, berapa lama pemasangan bata merah vs bata ringan? Tentu bata ringan lah yang unggul karena cepat dan lebih rapi serta engga banyak semen.

Jika dalam sekala besar maka material bata ringan paling cocok digunakan bata ringan dibanding bata merah. Kalau proyek garapan dinding nya bertingkat dan luas tentu bata ringan paling rekomendasi.

Kesimpulan nya adalah, Jika hanya membandingkan biaya memang bata merah masih lebih murah. Dan bata merah memang cocok untuk kelas rumahan (kebutuhan sekala kecil). Sedangkan bata ringan memang dikhususkan bagi sekala besar dan cocok untuk gedung bertingkat walaupun saat ini rumah pribadi sudah memakai hebel sebagai pengganti bata merah.