Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Bedanya RAM Dengan ROM pada Handphone

Ilustrasi foto onoini.com
Buat kalian yang pernah membandingkan handphone atau melihat review sebuah handphone, pasti kalian juga pernah membaca ada yang namanya RAM dan ROM. RAM dan ROM dapat dijadikan sebuah pertimbangan ketika akan membeli sebuah handphone, tetapi sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahu perbedaan antara RAM dan ROM. Berikut adalah penjelasannya:

RAM adalah Random Access Memory, ini merupakan perangkat pada handphone yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang dapat diakses secara acak. Jadi RAM dapat dikatakan sebagai memori utama pada perangkat handphone, meskipun sebenarnya RAM juga dapat digunakan sebagai memori sekunder.Biasanya RAM ini untuk penyimpanan data aplikasi yang ada di handphone yang sifatnya sementara.

ROM merupakan Read Only Memory, yang artinya memori yang hanya dapat dibaca oleh perangkat computer atau ponsel. Namun memori ini merupakan memori permanen karena memang sudah satu peket dengan computer atau handphone. Memori permanen ini dapat menyimpan data yang lebih lama karena data yang ada di ROM tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri oleh listrik.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah rangkuman dari perbedaan keduanya:

RAM

-Butuh daya listrik untuk tetap menyimpan data
-berjalan secara real time
-Mudah untuk dibaca dan ditulis
-Memori Volatil
-Ukuran lebih besar

ROM

-Dapat menyimpan data meskipun tidak ada daya listrik
-biasanya sekali tulis dengan update beberapa kali
-Sudah ditulis dan mudah dibaca
-Memori non-volatil
-Ukuran lebih kecil

RAM memiliki dua jenis yaitu DRAM (Dynamic Random Access Memory) dan SRAM (Statistic Random Access Memory). Sedangkan ROM memiliki tiga jenis yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) dan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory).