Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Kelemahan Usaha Bengkel Motor

Foto oto.detik.com
Setiap usaha pasti punya plus dan minus, seperti Usaha bengkel motor selain punya keunggulan juga ada kelemahannya. Apalagi jika kita hanya melihat yang sudah ramai dan lancar punya pelanggan tetap pasti kita berfikir buka usaha bengkel motor itu enak dan mudah.

Sebelum terlanjur membuka bengkel motor, kita dapat menganalisa terlebih dahulu kelemahan usaha bengkel motor itu apa saja ya?

Tujuan mengetahui kelemahan usaha bengkel agar kita faham kendala dan resiko yang akan dihadapi sehingga rasa optimis dan percaya diri akan terus tertanam dalam diri terutama saat pada tahap merintis.

Kelemahan Usaha Bengkel Motor

Sama seperti usaha lainnya kelemahan yang paling terasa bagi pelaku usaha bengkel adalah Banyak sekali persaingan.

Jika tidak melakukan pelayanan yang baik maka sudah pasti pelanggan setia itu tidak akan kita temui, sudah pasti tidak ramai orang datang untuk servis. Berikut detail singkat kelemahan usaha bengkel motor

1. Susah Mencari Lokasi yang Strategis

Mendapatkan lokasi bengkel yang strategis itu tidak mudah, dan ini salah satu kelemahan usaha bengkel motor. Jika kurang cocok lokasi maka bisa dipastikan pelanggan tidak ramai.

2. Masalah Upah Karyawan (Montir)

Kelemahan usaha bengkel motor selanjutnya adalah Masalah karyawan atau montir.

Bayangkan jika montir yang didik dari awal dan faham seluruh teknik mesin digaji / upah tidak sesuai maka karyawan kita tersebut akan pindah Bekerja atau membuka bengkel sendiri.

3. Persaingan yang Ketat

Hampir semua pelaku usaha bengkel melirik lokasi yang strategis untuk meningkatkan omset. Jika lokasi bengkel kurang strategis sudah pasti akan lambat berkembang oleh ketatnya persaingan.

4. Mahal sedikit Pelanggan Kabur

Pernah kita mengalami masalah mahal nya biaya pada bengkel tertentu, membuat kita pindah cari bengkel yang lebih murah. Artinya jika jasa dan harga suku cadang diatas rata rata pelanggan akan pindah.

Itulah ulasan singkat kelemahan usaha bengkel motor semoga bermanfaat untuk kita semua, jika anda sudah merencanakan buka bengkel motor sikapi hal diatas, dan fahami hakikat usaha bengkel agar kita bisa maju dalam berwirausaha.