Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan paling Fatal saat Charge Hp

Ilustra foto idntimes.com
Saat kita berada di luar rumah atau bepergian, hal yang paling kita takutkan adalah hp lowbet. Apalagi kita keluar rumah karena ada keperluan penting atau mau COD, jadi hp harus tetap on agar kita mengetahui teman atau keluarga yang akan kita temui.

Tipsnya adalah jika anda sudah memiliki rencana untuk keluar rumah, maka yang dapat anda lakukan adalah mencharge hp sebelum berpergian agar anda tidak merasa was-was ketika di luar rumah. Namun banyak dari kita melakukan kesahan fatal ketika mencharge hp, apa saja kesalahan tersebut? Berikut penjelasannya
  • Menggunakan Power Bank
Penggunaan Power Bank memang tidak salah, namun jika penggunaannya pada saat genting atau darurat saja, karena jika terlalu sering menggunakan Power Bank maka panas yang dipancarkan dari Power Bank akan merusak batre ponsel anda sendiri. Untuk itu gunakan charge saja untuk pengisian batre hp anda.
  • Membuka Aplikasi Bersamaan
Yang harus dihindarkan adalah menggunakan aplikasi berlebihan secara bersamaan saat ponsel sedang di cas. Kalau sekedar membuka 1 atau 2 aplikasi tak masalah meskipun hp sedang di charge.

Banyak yang mengatakan bahwa penggunaan ponsel ketika masih di cas akan menurunkan peforma batre ponsel anda, namun ternyata hal tersebut hanyalah mitos, karena kalian dapat menggunakan ponsel anda walaupun masih posisi di cas namun mungkin akan lebih lama waktu yang dibutuhkan agar batre ponsel anda penuh.

Faktanya walaupun ponsel anda tidak digunakan saat di cas nyatanya ponsel anda hidup dengan sendirinya misalnya mengapdate aplikasi ketika ada wifi, sinkronisasi maupun notifikasi. Jadi anda jangan takut menggunakan ponsel anda ketika masih dalam posisi di cas.
  • Mengecas di Suhu Ekstrim
Mungkin kalian pernah memperhatikan bahwa aktivitas ponsel akan lebih lamban ketika digunakan di bawah sinar matahari, itu karena batre ponsel tidak stabil dalam kondisi suhu ekstrim dan harus bekerja ekstra keras dalam saat suhu panas atau dingin sehingga batre ponsel akan mati lebih cepat. Batre ponsel akan bekerja secara normal ketika keaadaan suhunyapun normal seperti di dalam rumah.
  • Menggunakan charger dan Kabel tiruan
Disarankan bagi anda untuk selalu menggunakan charger atau kabel yang original artinya memang bawaan dari ponse, namun jika charger anda rusak lebih baik anda membeli charger yang original meskipun lebih mahal dibandingkan dengan anda membeli yang murah namun palsu karena charger yang palsu biasanya bersifat universal, dan dapat digunakan oleh semua jenis ponsel sehingga ketika untuk mengisi daya ponsel anda tidak cukup optimal dan lebih lama batrenya penuh.
  • Mengecas HP baru hingga 100% sebelum digunakan
Masih banyak yang berpendapat bahwa ponsel yang baru dibeli harus di cas hingga 100% terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini memang ada benarnya, namun untuk ponsel yang menggunakan batere berbasis nikel sedangkan untuk batre Li-ion dapat digunakan secara langsung setelah pembelian.
  • Tidur pada saat mengecas HP
Ponsel yang panas pada saat terisi daya adalah kesalahan yang sangat sering terjadi karena akibat over charging, hal ini terjadi karena ketika ponsel anda di cas anda tinggal tidur dan tidak mencabut kabelnya selama berjam-jam. Jika hal ini berlangsung hingga 3 jam lebih maka akan jadi masalah, karena batre ponsel hanya memiliki kapasitas 100%. Akibatnya adalah suhu batre akan naik terlalu tinggi dan akan merusak perangkat, selain itu juga yang kini sering terjadi adalah ponsel dapat meledak.
  • Mengecas dari 0% hingga 100%
Jika anda menunggu batre ponsel anda habis baru di cas maka hal ini justru akan memperpendek umur batre ponsel karena menambahkan tegangan justru akan membuat batre ponsel lebih tertekan . Perlu diketahui bahwa batre ponsel akan bekerja baik pada kapasitas batre 30% hingga 80%. Untuk itu jika daya batre anda sudah di bawah 30% segera lakukan pengisian daya jangan tunggu sampai batre benar-benar habis.