Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Kekuatan Hebel vs Bata Merah jika di adu

Ketika kita berencana membangun rumah atau kantor setidaknya akan memikirkan tentang material yang akan digunakan, contoh pada bagian dinding tembok. Kita dihadapkan beberapa pilihan apakah menggunakan bata merah atau bata ringan hebel ? Setidaknya kita ada analisa perbandingan kekuatan antara hebel vs bata ringan agar bahan material yang ditentukan sesuai keinginan.

Perbandingan yang umumnya diadu bata merah vs bata hebel adalah soal budget (biaya) nah kalau kekuatan kedua material ini bagaimana? Mari kita ulas perbandingan Kekuatan Hebel vs Bata Merah, semoga bermanfaat yah ulasan berikut ini.
 

Kekuatan Hebel vs Bata Merah

Secara logika nya apakah benar informasi yang berkembang di masyarakat bahwa menggunakan hebel bata ringan mudah hancur dibandingkan bata merah? itu sebenarnya salah penafsiran. Kekuatan hebel vs bata ringan dalam satu komponen dinding tentu memiliki perbedaan. Seperti melansir laman blesscon.com berikut kekuatan hebel vs bata merah:

Kekuatan Uji Tekan

Data tes tekan menunjukkan bahwa bata ringan masih lebih kuat dibanding dengan bata merah. Rata-rata hasil bata merah mampu menahan beban hingga 25,49 kg/ cm2. Sedangkan rata-rata hebel bata ringan mampu menahan beban hingga 40,78 kg/ cm2. Di sini kita bisa melihat bahwa kekuatan bata ringan hampir 2x lebih kuat daripada bata merah.

Kekuatan dari segi Komposisi

Hebel diproduksi dengan menggunakan beberapa macam bahan baku diantaranya adalah semen, pasir silika, gypsum, kapur dan aluminium pasta dengan proses pencampuran dari semua bahan tersebut.

Sedangkan bahan pembuatan bata merah bata merah hanya menggunakan tanah liat yang dilebur untuk kemudian dicetak sesuai ukuran sebenarnya dan kemudian dibakar hingga berwarna merah agar mengeras.

Itulah perbandingan kekuatan hebel vs bata ringan sebagai acuan anda menentukan jenis bahan material dinding bangunan anda. Agar kita fair soal penjelasan di atas, coba kita pertimbangkan argumentasi yang berkembang dimasyarakat secara umum adalah Masyarakat masih mengira murah bata merah, padahal kalau dari segi ketepatan dan efisien serta kerapihan maka hebel lebih unggul.

Baca Selanjutnya tentang Hebel vs Bata merah: