Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ulasan Untung Rugi KPR yang harus Kamu Tahu

Kredit Pemilikan Rumah atau sering kita singkat KPR, tentu ini bukan hal yang asing lagi dong, karena sudah banyak yang menyediakan KPR, hal ini didukung oleh pasarnya sangat luas apalagi letak lokasi rumah tersebut strategis atau berada di tengah-tengah kota pasti akan banyak yang mengambil KPR tersebut.

KPR memang menjadi salah satu solusi bagi yang mengidam-idamkan hunian yang nyaman, meskipun tidak terlalu besar namun terasa nyaman dibandingkan dengan tinggal di rumah yang besar tetapi masih campur dengan orang tua.

Biasanya orang yang mencari KPR adalah pasangan muda yang akan atau baru saja menikah.

Mengapa banyak yang mengambil KPR? Jawabannya adalah karena dengan cicilan kamu sudah mendapatkan rumah, artinya tidak perlu langsung memilki uang yang cukup untuk memiliki sebuah rumah. Hal ini nanti akan kita bahas lebih lanjut tentang keuntungan dan kerugian mengambil KPR.

Jika nama KPR sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, lalu apakah kamu sudah mengetahui untung rugi dari KPR? Pastinya masih banyak yang belum tau nih..oke langsung kita bahas ya apa saja keuntungan dan kerugian KPR.

KEUNTUNGAN KPR 
 
Untung rugi KPR

Tidak perlu banyak uang untuk mendapatkan rumah, ini adalah hal yang sangat menguntungkan Tentunya karena dapat membeli rumah dengan sistem cicil. Bayangkan jika kamu memiliki penghasilan pas-pasan misalkan 2,5 jt/bulan dan menginginkan sebuah rumah.

Pertanyaan apakah kamu mampu membeli rumah dari gaji yang pas-pasan sedangkan banyak kebutuhan yang harus di penuhi? Saya kira hal tersebut sangat berat karena kamu harus menabung berapa puluh tahun untuk dapat membeli rumah.

Bisa menyesuaikan cicilan dengan kemampuan. Sebenarnya meskipun berat untuk membayar cicilan tetapi kamu bisa mensiasati besaran cicilan agar tidak terasa terlalu berat dan menjadi beban.

Caranya adalah kamu harus membayar DP dengan jumlah yang besar agr cicilannya lebih murah, atau bisa juga kamu mengambil tenor atau waktu kredit yang lebih lama.

Namun perlu disadari bahwa tenor yang panjang jika dijumlahkan maka hasilnya ayu jatuhnya rumah tersebut akan lebih mahal.

Legalitas terjamin, hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena bank yang akan mengecek rumah melalui BPN atau Badan Pertahanan Nasional.

Jadi ketika cicilan lunas maka legalitas atau sertifikat rumah tersebut sudah bisa diambil. Namun ingat jika kamu tidak mampu membayar KPR tersebut maka pihak bank juga yang akan mengambilnya.

Sudah memiliki asuransi, tidak perlu khawatir jika di  pikirkan kamu selain membayar cicilan KPR kamu juga harus membayar premi asuransi sehingga terasa berat. Namun kenyataannya asuransi ini sudah termasuk ke dalam cicilan setiap bulannya. Asuransi yang akan didapat adalah asuransi kebakaran.

Sudah paham tentang keuntungan dari KPR? Coba bandingkan dengan kerugiannya. Berikut kami jelaskan.

KERUGIAN KPR

Uang muka atau DP rumah tergolong besar. Banyak orang yang mengurungkan niatnya karena melihat FP yang harus dibayar.

Semakin mahal rumahnya maka DP juga akan semakin besar. DP rumah yang harus dibayarkan adalah 15% hingga 20%.

Misalkan kamu mengambil rumah seharga 700 juta maka DP yang harus dibayarkan adalah 105 juta, itu adalah jumlah dari 15%. Jumlah tersebut sangat besar bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan.

Rumah bisa saja disita. Tips dari saya agar rumah tidak disita maka ketika mengambil rumah harus sesuai dengan kemampuan atau pemasukan. Ketika jatuh tempo pembayaran kamu tidak pusing memikirkan bagaimana cara membayarnya.

Harga rumah menjadi lebih mahal. Hal ini sudah pasti karena kamu mengambil KPR dengan sistem cicil bukan cash.

Bukan rahasia umum lagi bahwa ketika melakukan cicilan dalam hal membeli apapun pasti akan ada bunganya, jadi selain kita membayar cicilan pokok kita juga harus membayar bunganya. Nah itu yang membuat KPR lebih mahal.