Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Avanza dianggap Mobil Pasaran? Cek 10 Kelebihan dan Kekurangan nya

Mobil Avanza merupakan salah satu mobil yang diproduksi oleh perusahaan Toyota. Mobil ini sering disebut dengan mobil sejuta umat. Karena banyaknya masyarakat yang menggunakan mobil ini.

Bahkan di daerah pedesaan pun banyak yang menggunakan mobil ini. Oleh sebab itu, mobil ini dijuluki dengan mobil sejuta umat.

Ada beberapa kelebihan yang menjadikan mobil ini semakin laris di pasaran dan masyarakat. Namun kita ulas terlebih dahulu kelemahan atau kekurangan avanza, Berikut kekurangan nya:

Kekurangan Mobil Avanza
Beberapa kekurangan mobil Avanza dibawah ini mesti diketahui. Dan tentu para calon konsumen harus mengetahui kekurangan yang dimiliki oleh mobil ini. Beberapa kelemahannya yaitu:

1. Mobil yang pasaran

Karena banyaknya konsumen yang memakai mobil ini, tak heran kalau misal kita menemukan mobil yang sama persis dengan mobil yang kita punya. 

Banyak orang menyebutnya mobil pasaran, tapi itu fakta, karena avanza masih mendominasi pasar. Entah itu berpapasan, ketika parkir, ataupun pergi ke tempat umum. Tak heran mobil ini dijuluki mobil sejuta umat.

2. Kursi Baris Sempit

Ini merupakan salah satu kekurangan Avanza yang membuat konsumen resah. Dimana pada kursi baris lebih sempit daripada kursi tengah. 

Hal ini dikarenakan adanya senderan pada bagian sisi kiri dan kanan kursi. Selain itu, bagian kabin ataupun depan dari kursi juga cenderung sempit. Sehingga kalau bepergian dengan waktu yang lama dan jarak yang jauh akan terasa cepat pegal.

3. Suara mesin yang agak berisik

Tentunya ketika berkendara kita ingin berada pada suasana yang tenang sehingga kita merasa enjoy ketika melakukan perjalanan.

Namun nyatanya suara mesin dari mobil ini yang bisa dikatakan agak berisik mungkin bisa mengganggu kenyamanan dalam bepergian.

4. Kurang stabil ketika bermanuver

Bagi para pengemudi yang suka bermanuver di jalanan atau mengendarai dengan kecepatan tinggi, mobil ini bisa dikatakan kurang stabil apalagi beban atau muatan mobil ringan. Karena itu, perlu berhati-hati dalam menggunakan mobil ini untuk kecepatan tinggi.

Kelebihan Mobil Avanza

Dari penjelasan kekurangan diatas, mungkin khalayak umum avanza cukup bagus karena beberapa keunggulan, berikut ulasan nya. 

1. Dari segi design mobil

Design yang dimiliki mobil ini terkesan simple namun tetap stylish ketika digunakan. Selain itu, dengan beberapa perubahan pada mobil Avanza keluaran terbaru seperti pada bagian lampu depan yang agak lebih meruncing sehingga terkesan lebih elegan dan juga sporty. Tak lupa pada bagian sisi mobil keluaran terbaru yang memiliki lekukan sehingga menambah kesan sporty mobil ini. Pada bagian interior mobil, Avanza memiliki design yang sangat elegan dan bisa dikatakan mewah. Pada beberapa jenis mobil Avanza, sudah dilengkapi dengan layar LCD Display yang dapat memberikan informasi mengenai fitur mobil ini.

2. Fitur keselamatan

Mobil Avanza ini sudah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Airbags untuk bagian depan pengemudi dan penumpang. Fitur ini dapat menghindari benturan kepala ketika terjadi kecelakaan.

3. Sistem kemudi mobil nyaman

Untuk toyota Avanza sendiri, kemudi mobil nya sudah menggunakan sistem EPS (Electric Power Steering) dimana seperti halnya power steering biasa, yang dapat meringankan ketika mengemudi, sistem EPS pun sama. Namun ada beberapa keunggulan EPS daripada power steering biasa. Terutama pada bagian perawatannya.

4. Biaya pajak dan perawatan murah

Kelebihan selanjutnya dari mobil ini yaitu biaya pajak nya yang tergolong murah. Serta biaya perawatan yang tidak terlalu mahal. Spare partnya pun mudah ditemukan.

5. Bahan bakar irit

Konsumsi bahan bakar ketika menggunakan mobil ini terbilang irit. Hal itu dapat menguntungkan para konsumen karena dapat mengurangi biaya operasional.

6. Harga Terjangkau

Harga yang relatif masih terjangkau membuat mobil ini juga laris di pasaran. Untuk tipe terandahnya yaitu tipe 1.3 E M/T dibanderol dengan kisaran harga 164 jutaan, sementara untuk tipe yang paling tinggi yaitu 1.5 G M/T Luxury dibanderol dengan harga 192 jutaan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil Avanza. Semoga para calon konsumen bijak dalam memilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang tersedia.