Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagus Pakai Kusen Alumunium Atau UPVC ?

Jaman dulu kusen umumnya terbuat dari kayu. Kusen kayu lebih menonjolkan serat kayu yang indah sekaligus menjadikan elemen dekoratif pada rumah.

Namun seiring berjalanya waktu, kusen kayu tak begitu di minati alasan nya karena kusen kayu dinilai mudah lapuk, tidak tahan lama dan mudah dimakan rayap.

Selain itu kusen kayu juga tidak tahan terhadap cuaca terlebih jika lingkungan sekitarnya lembab. Dan harga kusen kayu juga terbilang mahal. Serta Perlu dilakukan perawatan yang khusu guna merawat kusen kayu.

Maka dari itu, jaman sekarang posisi kusen kayu telah digantikan oleh kusen dengan material aluminium serta UPVC. Material yang digunakan tahan air baik alumunium maupun UPVC,serta tahan terhadap cuaca.

Pilih Kusen UPVC atau Kusen Aluminium? 
Material keduanya sangatlah ringan dan mudah saat proses pemasangannya, selain itu perawatannya pun lebih sederhana dan mudah dibandingkan dengan kusen kayu.

Menurut mu mana yang lebih cocok untuk bangunan yang akan kamu buat? Alumunium atau UPVC ? ada baiknya kamu simak penjelasan berikut ya mengenai kusen alumunium dan kusen UPVC, berikut ulasan nya …

Keunggulan Kusen UPVC

Unplasticized Poly Vynil Chloride (UPVC) adalah material yang sekarang banyak digunakan untuk kusen rumah, kantor, pertokoan dan lai-lain. 

UPVC ini merupakan material turunan plastic yang telah mengalami modifikasi sehingga memiliki bentuk yang lebih keras.

Ketika dipakai untuk membuat kusen bagian dalam UPVC diberi rangka agar kusen lebih kokoh. Selain itu UPVC memiliki beberapa kelebihan, yakni:
  • Anti rayap
  • Mudah untuk di lengkung kan karena lentur.
  • Panas tidak merambat hal ini membuat jendela tetap sejuk.
  • Tidak menyusut maupun memuai. 
Keunggulan Kusen Aluminium

Kusen Alumunium memang berbentuk hampir sama dengan UPVC. Namun, sebenarnya kedua jenis ini memiliki perbedaan. Sama dengan UPVC, alumunium juga memiliki kelebihan sebagai berikut:
  • Tidak mudah dimakan rayap karena keras.
  • Tahan lama dan tidak menyusut
  • Mudah dicat dengan banyak warna sesuai keinginan.
  • Desain dibuat sesuai keinginan konsumen.
  • Namun Mudah merambat panas sehingga membuat jendela panas.
Setelah membaca ulasan di atas mana yang menjadi pilihan mu? Selamat memilih,semoga pilihan terbaik yang kamu dapat. Semoga informasi tadi membantu ya?