Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Keuntungan Ternak Kambing vs Ternak Sapi

Ternak merupakan usaha pengembangbiakan, pembudidayaan, serta pemeliharaan hewan yang ditujukan untuk mengambil manfaat dari hewan yang diternak.

Untuk jenis peternakan hewan ternak ruminansia (pemamah biak). Contoh hewan ruminansia yaitu sapi, kambing, kerbau, jerapah, kancil, domba, bison, rusa, dll.

Memiliki peternakan hewan ruminansia tentu bukan hal yang mudah ya guys karena kita harus mencari rumput yang banyak sebagai cadangan makannya dalam satu hari, bahkan tidak semua jenis rumput mau dimakan ya, ada beberapa jenis rumput yang menjadi kesukaan hewan ruminansia.

Baik kita akan membahas tentang perbandingan peternakan ruminansia kambing dan sapi.

Kambing dan sapi merupakan hewan ruminansia, kambing dan sapi merupakan hewan pemakan tumbuhan. Bagaimana prospek ternak kedua hewan ini?

Banyak orang yang berusaha beternak kambing dan sapi untuk diambil dagingnya atau dijual sehingga mereka berusaha untuk menggemukkan hewan tersebut semaksimal mungkin supaya ketika dijual di waktu yang tepat akan sangat menguntungkan.

Selain itu jika beternak kambing dan sapi bisa memanfaatkan susunya sebab sangat baik untuk kesehatan tubuh, kemudian jika beternak kambing dan sapi juga dapat kita manfaatkan kotorannya untuk pupuk tanaman.

Perbandingan Ternak Sapi dan Kambing
Perbandingan ternak kambing dan sapi
Dalam beternak kambing dan sapi tentu para peternak memiliki pandangan yang berbeda beda ya guys, ada yang memilih untuk beternak sapi ada pula yang memilih beternak kambing, berikut kita bahas bagaimana perbandingan beternak kambing dan sapi.

1. Perbandingan Tempat Pengembangbiakan

Sebelum beternak tentu kita harus memiliki tempat untuk pengembangbiakan hewan tersebut yaitu kandang.

Untuk peternakan kambing membutuhkan tempat yang tidak begitu luas karena meskipun kambing memiliki tubuh yang kecil tapi mereka butuh kebebasan untuk bergerak terlebih lagi jika kambing yang akan diternak banyak.

Sedangkan peternakan sapi tempat pengembangbiakan membutuhkan tempat yang luas sesuaikan dengan jumlah sapi yang diternak sebab sapi merupakan hewan bertubuh besar.

Jika memilih beternak sapi maka harus memperhatikan tempat pembuangan kotorannya, jika kotorannya menumpuk dibawah sapi tentu hal ini akan berdampak tidak baik pada sapi berupa kulit sapi yang menipis karena terdapat banyak bakteri pada kotoran yang menempel di tubuhnya.

2. Perbandingan Pakan

Sebagai hewan ruminansia kambing dan sapi membutuhkan stok rumput yang banyak sebagai makanan dasarnya.

Jika memilih ternak kambing maka tidak membutuhkan begitu banyak stok pakan. Berbeda dengan sapi karena perut sapi lebih besar daripada kambing sehingga sapi lebih banyak membutuhkan pakan, sapi membutuhkan pakan yang bernutrisi sehingga tubuhnya cepat besar.

Dalam peternakan ruminansia sangat sedih ya jika tidak memiliki stok pakan sendiri apalagi jika memasuki musim kemarau biasanya para peternak telah menanam beberapa jenis tanaman yang disukai hewan ternaknya sehingga tidak bingung lagi mencari pakannya.

Pakan yang sehat akan berpengaruh terhadap hewan ternak, akan cepat besar dan bertubuh sehat.

3. Perbandingan Permintaan pasar

Ketika akan mendekati hari raya Iedul Adha dan iedul Fitri daging kambing dan daging sapi sangat diminati sehingga memilki harga jual yang tinggi.

Harga daging kambing tentu lebih murah dari pada daging sapi, permintaan pasar pun lebih banyak pada daging kambing disebabkan konsumen memilih daging dengan harga yang terjangkau.

Jadi sebelum beternak perhatikan target market ya kira kira target marketnya lebih cenderung ke daging kambing atau daging sapi.

4. Perbandingan Harga jual

Harga jual kambing tentu lebih murah daripada harga jual sapi karena kambing memiliki tubuh lebih kecil daripada sapi.

Jika membutuhkan uang dalam waktu yang cepat maka beternak kambing ada solusinya namun jika membutuhkan uang dalam jangka panjang anda bisa beternak sapi ketika memasuki waktu yang tepat harga jual sapi bisa mahal loh.

5. Perbandingan Ketahanan tubuh

Sapi lebih mudah terkena penyakit daripada kambing, kenyataan di lapangan sapi mudah terkena gomen dan masuk angin, tiba tiba tidak bisa berdiri nah ini dia masalahnya jadi harga jual sapi bisa turun.

Sedangkan kambing memiliki ketahanan tubuh lebih baik daripada sapi sehingga tidak mudah terkena penyakit, biasanya kambing terkena penyakit kembung, gudikan atau gatal gatal so jagalah kebersihan kandang ya jika ingin beternak.

5. Perbandingan Modal

Beternak kambing membutuhkan modal kecil sedangkan beternak sapi membutuhkan modal besar.

Dengan uang 3 juta mungkin kita bisa memperoleh 4 atau 5 kambing sedangkan jika ingin beternak sapi anda butuh modal 7 sampai 10 juta untuk satu sapinya.

Lalu lebih baik mana antara beternak kambing atau sapi? Hal ini kembali kepada tujuan dalam beternak, ingat jika ingin mendapatkan omset yang besar maka peternakan sapi adalah solusinya namun jika ingin memperoleh keuntungan cepat peternakan kambing yang lebih tepat.

Demikian perbandingan peternakan kambing dan sapi.