Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan Ternak Bebek dan Ayam, Tentukan Pilihan mu





Kontributor (Fida Al-Hikmah)

Sebagian orang sangat menyukai dunia peternakan, mengurus bebek dan ayam memberi makan mengumpulkan telurnya merupakan hal yang asik jika dijalani dengan senang.

Namun demikian banyak orang yang masih bingung ketika akan memilih jenis peternakan apakah yang lebih menguntungkan? Bagiamana perbandingan antara peternakan bebek dan peternakan ayam?
 
Sebelum kalian beternak kalian harus mencari tahu pasaran hewan ternak kalian? Baik bebek maupun ayam, apakah yang lebih dibutuhkan oleh pasar dan target market kalian lebih banyak mencari bebek atau ayam?
Perbandingan Ternak Ayam dan Bebek

Dalam Beternak bebek dan ayam banyak yang bisa diambil manfaatnya sepeti telurnya dan dagingnya. Berikut adalah perbandingan peternakan bebek dan ayam.

1. Modal

Dalam beternak bebek dan ayam sama sama membutuhkan modal ya, hanya saja dalam peternakan bebek membutuhkan modal yang lebih besar daripada peternakan ayam hal ini sesuai dengan hasil yang akan diperoleh ya.

2. Produktivitas

Peternakan bebek menghasilkan telur yang lebih banyak daripada peternakan ayam, meskipun bebek memiliki masa istirahat bertelur dimana bulu Mudah rontok. Sedangkan peternakan ayam Produktivitas telur lebih sedikit.

3. Pemasaran

Dalam beternak perlu memperhatikan Masalah harga dan permintaan, semakin banyak permintaan maka harga semakin tinggi namun jika semakin sedikit permintaan maka harga semakin murah.

Melihat target market menjadi hal yang sangat penting. Kedua usaha ini memiliki spekulasi berbeda dalam target pasar. 

Pada masyarakat perkotaan tentu daging bebek memiliki permintaan yang tinggi ya sebab sekarang banyak rumah makan yang mengolah daging bebek, telur bebek pun sangat dimintai.

Banyak pedagang yang mengolah telur bebek menjadi telur asin, selain itu penjual jamupun lebih memilih menggunakan telur bebek daripada telur ayam kampung.

Sedangkan Dalam peternakan ayam permintaan ayam kampung cukup rendah, masyarakat banyak yang lebih memilih membeli ayam potong karena harga yang murah.

4. Kandang dan pakan

Peternakan bebek tidak membutuhkan kandang yang bagus dan mahal karena bebek bisa hidup pada daerah berair dan darat.

Pakan yang bernutrisi tinggi membuat bebek cepat bertelur, selain itu jaga supaya tidak stress, stress pada bebek menyebabkan bulu rontok ketika buku rontok bebek akan berhenti bertelur.

5. Bebek lebih kebal dan tahan penyakit daripada ayam.

Beternak bebek membutuhkan pakan dan minum yang lebih banyak dari pada ayam.

Peternakan ayam membutuhkan tempat yang bersih, beternak ayam mudah karena ayam tidak mengalami stress.

Sedangkan Peternakan ayam membutuhkan pakan dan minum lebih sedikit daripada peternakan bebek.

Demikian perbandingan peternakan bebek dan ayam semoga bisa menjadi referensi pertimbangan sebelum beternak.