Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Bekam atau Donor Darah? Begini Perbandingan manfaat nya

Sebagai generasi milenial mungkin banyak orang yang belum tahu apa itu bekam, namun jika ditanya tentang donor darah siapa sih yang tidak tahu?

Bekam atau hijamah merupakan solusi masalah kesehatan bagi orang sehat, orang yang terlihat sehat dan indah yang sakit, jadi bekam itu ditujukkan untuk siapa?

Bekam ditujukan untuk semua orang yang memiliki darah dalam tubuhnya.

Untuk menjaga kesehatan seseorang biasanya dianjurkan berbekam 1 bulan sekali namun jika memiliki sakit yang serius paling lambat 1 Minggu sekali.
 
Bekam vs Donor darah (Foto YouTube: pilih mana?) 

Terapi bekam saat ini telah digunakan di dunia medis sebagai salah satu alternatif mengatasi masalah dalam gubuh, banyak dokter yang memperdalam ilmu tentang bekam, karena bekam adalah salah satu pengobatan yang disyare'atkan.

Jenis jenis bekam ada 3 ya yaitu bekam kering, bekam basah dan bekam api, hal ini menyesuaikan dengan keluhan pasien.

Pada dasarnya tujuan bekam adalah untuk mengeluarkan darah kotor, darah statis, darah mati yang sudah tidak berfungsi di dalam tubuh manusia, darah kotor tersebut dibuang ya supaya tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

Kenapa bisa ada darah kotor di dalam tubuh manusia? Karena manusia itu bersifat pemakan, apa uang di makan atau di konsumsi akan menjadi darah, di dalam tubuh manusia terdapat darah yang mengendap sehingga merusak tubuh karena darah sudah tidak berfungsi lagi.

Sedangkan donor darah adalah kegiatan penyaluran darah untuk orang yang membutuhkan atas dasar perikemanusiaan.

Donor darah biasa dilakukan oleh masyarakat kita karena banyak terdapat PMI atau sarana kesehatan lain yang menampung hasil donor darah.

Jadi bedanya apa antara bekam dan donor darah? Kira kira lebih baik yang mana ya? Baik mari kita ulas perbandingan antara bekam dan donor darah.

Bekam

1. Manfaat Bekam

Manfaat bekam adalah keluarnya darah kotor yang mengendap dalam tubuh manusia maka setelah di bekam akan terasa perbedaanya ya berupa hilangnya rasa pegal pegal, dan badan terasa lebih ringan, menyembuhkan penyakit, menajamkan pandangan mata.

2. Waktu

Untuk menjaga kesehatan bagi orang sehat bekam dianjurkan dilakukan 1 bukan sekali, namun bagi orang sakit bekam bisa dilakukan seminggu sekali atau paling lambat sepuluh hari sekali.

waktu bekam yang disunnahkan adalah pertengahan bulan hijriah tanggal 17, 19 dan 20 H.

3. Proses

Dalam proses bekam melalui beberapa rangkaian ya seperti Melakukan wawancara terhadap pasien berula identita, kegiatan, dan keluhan, Melakukan tensi darah, Melakukan bekam seluncur supaya darah lancar, Melakukan proses bekam, memvakum dan menyayat atau mencucuk supaya darah dapat keluar

4. Biaya

Tentu dalam bekam dibutuhkan biaya ya karena bekam menggunakan perlengkapan menyusut sepeti tisu, sarung tangan, pen, zaitun, jarum, dan alkohol.

Biaya yang dibutuhkan melihat lokasinya, jika di pedesaan biaya untuk sekali bekam sekitar 50.000 sampai 100.000 namun jika di perkotaan biaya bekam sekitar 100.000 sampai 200.000

Sedangkan Donor Darah:

1. Manfaat Donor Darah

Manfaat donor darah berupa, Menyehatkan jantung, membakar kalori dan mengurangi resiko terkena kanker.

2. Waktu

Waktu dalam donor darah Yaitu melihat menyesuaikan dengan kesibukan pendonor, jika ada waktu luang bisa datang ke instalasi kesehatan di sekitar untuk donor darah. Biasanya donor darah dilakukan satu bulan sekali.

3. Proses

Registrasi, pemerikasaan kesehatan, donasi, istirahat.

4. Biaya

Pada umumnya donor darah dilakukan sukarela ya bahkan gratis, karena darah yang didonorkan itu yang dibutuhkan jadi terkadang ada instalansi kesehatan tertentu yang memberikan bingkisan menarik untuk pendonor darah.

Demikian perbandingan antara bekam dan donor darah, anda pilih ya mana?