Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Beli Apartemen atau Sewa Apartemen? Inilah Untung Rugi nya

Tak dapat dipungkiri, manusia selalu berusaha mencari kenyamanan di dalam hidupnya. Untuk memenuhi keinginan tersebut maka mereka harus mampu memenuhi kebutuhan dasar mereka sendiri. Salah satunya yaitu kenyamanan tempat tinggal.

Generasi milenial dan para pekerja produktif di daerah perkotaan banyak yang memilih apartemen sebagai tempat tinggal mereka.

Alasannya beragam. Mulai dari, lokasinya yang strategis, fasilitas-fasilitas di area apartemen yang memudahkan hidup penghuninya, sampai dengan sistem keamanan yang baik dan lain sebagainya.

Suatu riset yang pernah dilakukan oleh National Family Housing Council (NHMC) di Amerika Serikat pada 2015 menunjukkan bahwa, kecenderungan orang berusia di bawah 30 tahun untuk memilih tinggal di apartemen yang baru dibangun yaitu 30%.

Untung Rugi Beli Apartemen
Untung rugi beli apartemen (foto traveloka)

Namun banyak yang masih bingung, apakah harus membeli satu unit apartemen ataukah menyewa saja? Bagaimana keuntungan dan kerugian nya?

Berikut ini akan dijelaskan, manakah yang lebih baik antara membeli apartemen atau menyewa apartemen?

Kerugian Membeli atau Sewa Apartemen

Kekurangan menyewa apartemen hampir sama dengan kekurangan membeli apartemen, jika sewa harga sewa yang dapat melonjak kapan saja.

- Harga Bisa Melonjak Kapan Saja

Tentu saja banyak yang memiliki pendapat, lebih baik membeli apartemen daripada menyewanya. Alasannya karena uang yang digunakan untuk menyewa apartemen bisa ditabung untuk membeli satu unit apartemen.

Namun, semuanya kembali lagi pada budget yang Anda miliki dan juga kondisi Anda saat ini.

- Lahan Sempit

Ketika kita membeli sebuah apartemen maka kerugian ya adalah lahan yang terlalu sempit, keterbatasan mendekorasi rumah, terbatasnya ruang bersosialisasi, banyak peraturan yang diterapkan, dan lain sebagainya.

- Susah Menjual nya

Kekurangan membeli apartemen yaitu susah untuk menjualnya lagi karena memerlukan waktu yang tidak sebentar dan harga jual turun jika apartemen dijual dalam jangka waktu lama.

- Biaya Perawatan Tinggi

Jika kita memiliki apartemen maka biaya yang harus dikeluarkan bermacam-macam dan relatif mahal. Seperti, maintenance fee, LPL / service charge mahal sekali seperti tarif parkir, listrik dan air dan ditentukan sepihak oleh pengembang tanpa ada laporan keuangan.

Keuntungan Beli atau Sewa Apartemen

Membeli satu unit apartemen, jauh lebih murah dibanding membeli satu buah rumah meski ukurannya kecil.

Di sisi lain, membeli apartemen bisa memberikan banyak keuntungan untuk Anda. Seperti, mendapatkan tempat tinggal yang strategis dan lengkap dengan fasilitas-fasilitas yang menunjang kegiatan sehari-hari. Juga lokasi yang jauh dari kebisingan kota yang membuat Anda merasa nyaman tinggal di lingkungan tersebut.

Selain harga apartemen yang selalu meningkat dari waktu ke waktu, Anda juga bisa menyewakan kembali apartemen yang anda beli tersebut.

Jika Anda membeli apartemen dengan harga 500 juta dan menyewakannya dengan harga 8 juta perbulan. Maka, pendapatan anda bisa mencapai 96 juta dalam setahun. Sangat menggiurkan bukan?

Bagi kamu yang sibuk kerja ke luar kota, atau bagi Anda yang sering pulang ke kampung halaman, lebih baik mempertimbangkan untuk menyewa apartemen dari pada membelinya.

Saat ini Anda dapat memilih apartemen yang membolehkan Anda menyewa minimal satu bulan penuh.

Biaya yang dikeluarkan tidak sebanyak sewa tahunan. Jika suatu saat ada perpindahan tempat kerja atau Anda diharuskan pulang kampung, Anda tidak akan terlalu rugi karena uang sewa tidak terlalu banyak.

Pilih apartemen yang dekat dengan tempat kerja dan pusat kota yang akan memberikanmu kehidupan yang lebih mudah.

Keuntungan lainnya yaitu, Anda tidak perlu membayar pajak tambahan, biaya pemeliharaan, asuransi, pembayaran hipotek dan lain sebagainya. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang baru memulai hidup mandiri dan masih belum stabil secara finansial.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai untung rugi membeli atau menyewa apartemen yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan ya!