Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Ternak ikan Lele atau Ikan Nila? Simak Penjelasan nya

Pilih ternak ikan Lele atau Nila? Mana yang paling menghasilkan? Usaha ternak ikan adalah bentuk bisnis yang asik, kita bisa menghabiskan waktu senggang di rumah, bekerja di rumah atau WFH adalah hal yang menguntungkan asal kita tahu proses dan prsospek bisnis yang kita jalankan.

Ternak ikan di rumah adalah bisnis yang berpeluang bagus dalam menghasilkan fulus. sembari itu dalam memanfaatkan momen tersebut kita bisa menhibur diri kita sambil memandang ikan.

Banyak masyarakat yang ingin melakukan budidaya ikan air tawar, karena cukup mudah bukan? Budidaya ikan air tawar biasanya seperti ikan nila dan ikan lele, selalu dipilih.
Pilih Ternak Lele atau Nila?

Namun apakah kamu sudah tahu perbandingan nya seprti apa? Kira kira lebih baik mana ya, Beternak ikan lele atau beternak ikan nila?

Hal ini bisa ditentukan oleh pertimbangan berbagai aspek, mari kita ulas perbandingan peternakan ikan lele dan ikan nila.

1. Perbandingan Kolam Lele vs Nila

Beternak ikan lele dan ikan nila memiliki perbedaan dalam segi pembudidayaannya aspek yang pertama yaitu kolam, peternakan ikan lele membutuhkan tempat yang sempit, ikan dapat berkembang biak pada kolam yang sempit.

klKetika ukurannya sudah mulai berubah anda bisa memudahkan pada tempat yang lebih lebar dan memisahkan antara yang kecil dan besar. Selain itu peternakan ikan lele bisa dilakukan pada air yang tenang.

Sedangkan untuk Kolam peternakan ikan nila harus luas ya sebab jika kolamnya kecil maka ikan nila akan lama dapat bertumbuh besar. Dalam peternakan ikan nila harus pada kolam yang kaya oksigen dan bersirkulasi.

2. Perbandingan Pembibitan Lele vs Nila

Peternakan ikan lele bisa disebar bibit sebanyak 200 ekor pada kolam 1 meter. Hal ini tidak bisa dilakukan untuk ikan nila ya sebab ikan nila membutuhkan tempat yang luas jika tempatnya sempit maka bibit yang disebarpun sedikit.

Untuk Perkembangan ikan lele lebih cepat daripada ikan nila ya bahkan ikan lele bisa panen pada usia 3 bulan.

3. Kanibalisme

Berbicara tentang ikan, kanibalisme menjadi hal yang sangat menakutkan karena kanibalisme biasanya dilakukan oleh ikan lele apalagi jika peternakan ikan lele di lakukan pada kolam yang jernih ya.

Ikan lele juga bisa mengalami stres terutama jika mereka merasa diganggu seperti ada predator yang datang. Sedangkan pada ikan Nila tidak terjadi Kanibalisme.

4. Perbandingan Pakan Lele vs Nila

Dalam peternakan ikan sangat senang ya jika memiliki alternatif pakan yang murah dan mudah didapatkan akan tetapi tetap harus memperhatikan nutrisi dari pakan tersebut ya, nutrisi yang baik menyebabkan ikan cepat bertumbuh besar.

Ikan lele merupakan karnivora sehingga pakannya mudah dan murah sepeti cacing, bekicot, keong, bangkai ayam dll. Sedangkan ikan nila bersifat omnivora Mereka bisa memakan cacing, keong, sisa sayur, dll

5. Perbandingan Pemasaran Lele vs Nila

Untuk pemasaran ikan lele lebih diminati di pasaran ya, selain murah ikan lele pun mudah dibudidayakan, kita sering melihat di rumah makan atau pedagang di pinggir jalan spanduk bertuliskan *pecel lele* kayanya belum ada ya *pecel nila* .hehehe

Akan tetapi karena proses pengembangbiakan ikan lele yang terkesan negatif terkadang beberapa orang merasa enggan untuk membeli Ikan lele.