Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Ayla atau Karimun? Inilah Perbandingan nya

Siapa yang tak kenal dengan 2 jenis mobil ini yaitu Ayla dan Karimun. Kedua jenis mobil tersebut sama-sama termasuk kategori mobil murah dan juga ramah lingkungan atau yang bisa disebut dengan Low Cost Green Car (LCGC) yang menjadi pilihan masyarakat pada saat ini. 

Ayla merupakan salah satu mobil yang diproduksi oleh perusahaan Daihatsu, sementara untuk Karimun Wagon R diproduksi oleh perusahaan Suzuki.

Perbandingan Ayla dan Karimun
Perbandingan ayla dan Karimun (foto otomania.com)
Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai perbandingan dari kedua mobil ini. Beberapa perbandingan tersebut di antaranya:
  • Tampilan Body
Kedua mobil ini memiliki tampilan body yang berbeda. Dimana untuk mobil ayla itu memiliki konsep small hatchback atau mengadaptasi dari konsep mobil sedan. Sementara untuk Karimun Wagon R memiliki bodi mobil yang cenderung tinggi bahkan berbentuk kotak.
  • Bagian Kabin mobil
Dengan perbedaan dimensi mobil yang cukup jauh dimana untuk Ayla yang memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm.

Sedangkan untuk Karimun Wagon R memiliki dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.670 mm tentunya membuat Ayla memiliki kabin yang lebih lapang atau luas sehingga menambah kenyamanan kepada penumpang karena lebih bebas untuk bergerak.
  • Fitur mobil
Kedua mobil tersebut sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan air bag. Namun, Karimun nyatanya memiliki ruang kompartemen yang lebih banyak bahkan kursi depan saja bisa dijadikan sebagai ruang kompartemen.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah Ayla sudah dilengkapi dengan fitur power window atau pembuka dan penutup jendela otomatis pada setiap jendela nya.

Berbeda dengan Karimun yang hanya pada jendela bagian penumpang depan. Dan juga kedua mobil ini sudah dilengkapi fasilitas power steering yang memudahkan pengemudi untuk meringankan ketika melakukan putaran pada setir.
  • Variasi dan harga
Kedua mobil ini menawarkan variasi tipe dan warna yang beragam yang tentunya dapat memberikan lebih banyak pilihan untuk para calon konsumen. Harga yang ditawarkan pun beragam sesuai dengan tipe mobil.

Untuk Ayla, harga tipe mobil yang paling rendah yaitu New Ayla 1.0 D MT dibanderol dengan kisaran harga 103 jutaan, dan untuk tipe yang paling tinggi yaitu New Ayla 1.2 R AT DLX dibanderol dengan harga 161 jutaan.

Untuk Karimun Wagon R tipe terendah yaitu Wagon R (GA) dibanderol dengan kisaran harga 120 jutaan dan untuk Wagon R (GL) AGS sebagai tipe tertinggi dibanderol dengan 151 jutaan.

Itulah beberapa segmen yang dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan bagi para calon konsumen yang masih bimbang dalam memilih mobil. Semoga bisa menjadi referensi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.