Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resiko, Kelemahan dan Kendala Usaha Jahit bagi Pemula

Setiap usaha pasti terdapat kelemahan, tak terkecuali usaha menjahit. Menjahit memang menjadi salah satu usaha rumahan yang dapat menghasilkan uang.

Banyak sekali kursus-kursus menjahit yang memberikan praktik khusus bagi mereka yang ingin belajar juga memperdalam kemampuan menjahitnya.

Dengan demikian, banyak pula orang yang membuka usaha yang satu ini.
Nah, sebelum Anda mulai membuka usaha menjahit ada baiknya Anda mengetahui kelemahan apa saja yang akan dihadapai saat memutuskan membuka usaha ini.

Pendapatan Tidak Tetap
Bisnis menjahit memang memiliki pendapatan yang tidak tetap. Pendapatan Anda akan bergantung pada kebutuhan konsumen. Ditambah lagi, jika Anda memiliki banyak pesaing.

Usaha menjahit akan ramai saat hari-hari tertentu. Seperti contohnya, hari raya idul fitri dan hari menjelang masuk tahun ajaran baru yang biasanya para orang tua akan membuatkan baju seragam sekolah untuk anaknya.

Ada baiknya Anda mencari calon konsumen yang kerap mencari jasa penjahit untuk seragam-seragam tertentu, seperti seragam ibu-ibu pengajian atau seragam salah satu instansi sekolah yang berada di dekat rumah Anda.

Kurang Berkembang

Hal yang membuat usaha ini kurang berkembang adalah metode promosi yang digunakan kurang atau bahkan tidak melakukan promosi sama sekali.

Banyak sekali penjahit-penjahit yang berbakat namun tidak banyak mendapatkan pelanggan. Hal ini karena sebagian besar para penjahit-penjahit ini kurang promosi.

Di era modern ini, kecanggihan teknologi dapat membantu siapapun dan dimanapun, termasuk membantu usaha Anda. Dengan mengandalkan media sosial, usaha Anda pasti akan banyak diminati oleh calon konsumen.
 
Mulai Ditinggalkan

Alasan mengapa orang-orang sekarang lebih memilih membeli baju langsung jadi adalah karena jika menggunakan jasa penjahit, biasanya membutuhkan waktu lama.

Selain itu juga karena sistem berbelanja sekarang ini tidak harus pergi ke pasar, calon pembeli bisa membeli baju meski dengan rebahan di kasur.

Para produsen-produsen juga menyediakan banyak pilihan warna dan model serta ukuran yang bermacam-macam.

Harga Bahan Baku yang Tidak Konstan

Selain permasalahan-permasalahan di atas, masalah bahan baku sering jadi rintangan yang sering dialami oleh para penjahit. Sebagian besar para penjahit memilih bahan baku import dari pada lokal.

Hal ini bukan karena mereka tidak ingin menggunakan bahan lokal, tetapi karena banyaknya bahan lokal tidak mencukupi kebutuhan produksi/ keinginan konsumen. Namun ternyata, harga bahan baku import ini kerap sekali tidak konstan.

Kurang Aktif di Sosmed

Kelemahan utama usaha menjahit rumahan adalah mereka tidak memaksimalkan media sosial. Padahal ketika orang punya keahlian menjahit, ia sangat berpotensi untuk menghasilkan sebuah karya. Penjahit rumahan, apalagi di kota kecil, umumnya enggan mempromosikan jasanya secara massif.

Nah, itulah beberapa kelemahan usaha menjahit yang perlu Anda diketahui sebelum membuka usaha menjahit. Namun, jangan terlalu khawatir dan berkecil hati, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Kuncinya adalah, Anda harus rajin melakukan promosi baik di media sosial ataupun melalui mulut ke mulut. Semoga artikel ini bermanfaat.