Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Resiko Usaha Ternak Bebek dan Solusinya

Usaha membuka ternak bebek memang keuntungannya menggiurkan siapa saja yang mendengarnya, karena ternak bebek prospeknya bagus dan menjanjikan sekali, tetapi banyak sekali yang tidak tahu bahwa usaha ternak bebek juga banyak resiko yang harus siap kita tanggung ke depan nya.

Ternak bebek itu menjadi dua jenis yaitu: ternak bebek pedaging dan ternak bebek bertelur yang mana ternak bebek daging kita memanfaatkan dagingnya saja, akan tetapi ternak bebek bertelur kita memanfaatkan daging dan telurnya

Untuk resiko-resiko usaha ternak bebek juga banyak bermacam-macam resiko dan untuk menanganinya juga berbeda-beda tergantung dengan gejalanya contohnya bebek terkena penyakit dan penyakit bebek tersebut disebabkan oleh terkena virus, jamur dan parasit yang menular dengan bebek-bebek yang lain.
Resiko Ternak Bebek Masalah Penyakit

Untuk resiko usaha ternak bebek pada umumnya yang menyerang bebek dan sulit untuk menghilangkan jika sudah terserang virus dan juga bakteri.

Biasanya penyakit yang menyerang jika ternak bebek dikampung adalah parasit, parasit inilah yang membuat usaha ternak bebek yang merugi sangat tinggi

Untuk jenis penyakit virus ada beberapa macam jenis yang berupa virus: hepatitis, newcastle diesase, enteritis dan masih banyak lagi virus yang sangat membuat usaha ternak bebek merugi dan untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri juga banyak yang sangat merugikan para pengusaha ternak bebek, yang menyebabkan bebek mati dan pertumbuhan melambat dan bagi peternak bebek bertelur membuat bebek tidak bisa bertelur setiap hari. 

Untuk contohnya bakteri yang biasanya di ternak bebek adalah pasteurrellosis, salmonellosis, batulism dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Kebersihan Kandang dan Vaksin

Dan untuk menjaga ternak bebek anda tetap hidup dan pertumbuhannya sangat cepat. Untuk selalu rutin membersihkan kandang di setiap dua hari sekali dengan bersih dan selalu memberikan semprotan anti bakteri dan virus, dan untuk menyehatkan badan nya harus di kasih dengan penyuntikan vaksin supaya terhindar dari virus dan membuat bebek menjadi cepat besar dan siap untuk dipanen.

Selektif masalah Pakan

Dan jika bebek bertelur maka harus memberikan makanan yang bermutu tinggi dan dengan memberikan makan teratur setiap pagi dan sore hari. Dan bebek bertelur setiap hari akan selalu bertelur dengan kualitas yang bagus. 

Rentan Gagal Panen

Penyemprotan signifikan supaya terhindar dari bakteri dan bebek tidak banyak yang mati. Makanan yang harus bermutu tinggi supaya pertumbuhan bebek cepat dan tidak menyebabkan penyakit. Jika sudah terkena penyakit maka akan beresiko gagal panen karena banyak yang mati

Itulah beberapa resiko jika memliki usaha ternak bebek, akan tetapi dengan mengetahui resikonya maka jangan khawatir untuk membuka usaha ternak bebek ya, yang terpenting jangan lupa untuk kebersihan kandang, memberikan makanan yang bermutu dan memberikan makan yang teratur supaya ternak bebek anda dapat bertumbuh dengan cepat dan bebek dapat bertelur setiap hari. Semoga bermanfaat.