Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelemahan Usaha Bunga Plastik

Ruangan-ruangan yang ada di rumah terutama ruang tamu dan ruang keluarga biasanya ingin ditampilkan semenarik mungkin, memiliki desain interior yang sesuai dengan ide pemilik rumah, dan untuk melengkapinya ditambahkan sentuhan dekorasi dari berbagai ornamen termasuk hiasan bunga. Bunga bisa membuat suasana di ruangan menjadi lebih segar dan cantik.

Bunga plastik dapat menjadi pilihan untuk di jadikan dekorasi ruangan. Untuk orang-orang yang sibuk dan tidak punya waktu untuk mengurus bunga hidup bisa menggantinya dengan bunga plastik.

Bunga plastik bisa bertahan lama dan hanya memerlukan perawatan yang sederhana serta banyak sekali pilihan jenis dan warna. Tidak saja oleh kalangan ibu rumah tangga bahkan sampai ke manajemen kantor, hotel, café dan pelaminan memerlukan hiasan bunga untuk mempercantik ruangan. Kebutuhan ini bisa menjadi peluang usaha untuk membuka toko bunga plastik.
Setiap usaha memiliki analisa adanya peluang dan kelemahan. Demikian juga dengan usaha bunga plastik. Usaha ini memiliki kelemahan. Persaingan usaha dengan pengusaha bunga plastik lainnya menjadi hal yang harus dihadapi. 

Toko-toko yang menjual bunga plastik mudah ditemui, bahkan sudah ada yang menjual secara online dan di marketplace. Kelemahan ini harus disikapi dengan tepat, coba cari ide segar seperti memberikan discount atau layanan antar. Atau memberikan kursus merangkai bunga bagi pembeli yang berbelanja bunga plastik dengan nominal tertentu. Anda bisa juga menjual secara online di media sosial atau market place.

Kelemahan lain dari usaha ini adalah keahlian merangkai bunga. Sebagai owner memang tidak dituntut untuk bisa merangkai bunga. Namun memiliki keterampilan atau keahlian menyusun bunga-bunga dan memadunya dengan ornamen lain bisa menjadi nilai plus.

Tekhnik merangkai bunga memang memerlukan ilmu dan ketelitian. Tidak bisa sembarangan asal merangkai bunga, butuh rasa untuk mengkombinasikan berbagai bunga dan warna agar menghasilkan rangkaian bunga yang artistik.

Atau jika memungkinkan anda dapat merekrut karyawan yang bisa merangkai bunga. Karyawan anda tersebut bisa membuat aneka rangkaian bunga untuk dekorasi ruangan dirumah, kantor, hotel dan restoran/café. Pembeli bisa memilih dari berbagai rangkaian bunga yang anda tawarkan.

Kelemahan usaha bunga plastik bisa disiasati dengan membuka usaha tambahan yaitu sewa rangkaian bunga untuk acara-acara tertentu seperti pesta lamaran, wisuda, pernikahan dan dekorasi kantor, atau acara lainnya yang memerlukan sentuhan dekorasi bunga.

Bunga-bunga yang anda sewakan harus dalam keadaan bersih, dan tidak cacat dan modelnya harus selalu update, buat promosi di media sosial atau bisa bekerjasama dengan jasa layanan penikahan dan event organizer.

Sebagai pengusaha kita dituntut untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Kelemahan usaha bisa dijadikan peluang jika kita cermat menyikapinya. Intinya ketekunan dalam berusaha akan menghasilkan keuntungan dan kelancaran berusaha.